Camat Blangpegayon Didampingi Danramil, Kapospol Sambut Tim Verifikator Proklim

Blangkejeren - Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli didampingi Danramil 08 Blangpegayon Kapten Inf Andrianto, Kapospol Blangpegayon Aiptu Syamsuddin Ariga, menyambut Tim Verifikator Kampung Proklim Akang Siwah Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues dihadiri oleh Tim Verifikator utusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Asisten II Irwansyah, Anggota DPRK Muhamad El Amin, Kadis Lingkungan Hidup Gayo Lues Kasimudin, Kadis Pariwisata, Porkofimcam Blangpegayon, PPL, Para Pengulu Ju'mat (4/8/2023).

Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi Proklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2023 di Sekretariat kelompok tani Desa Akang Siwah Kecamatan  Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues. 

"Dikecamatan Blangpegayon terdiri dari 12 Desa yang terletak di kaki gunung loueser, terima kasih kami ucapkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Gayo Lues atas binaannya. Pada tahun 2021 Desa Umelah mendapatkan Trophy Tingkat Nasional, selanjutnya desa Tetingi juga mendapatkan Trophy Utama. Pada tahun 2022 desa Bener Baru Kecamatan Blangpegayon kembali mendapatkan Trophy nilai tertinggi ditingkat Nasional," jelasnya.

Ia berharap kepada tim Verifikator Proklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar sudi kiranya memberikan nilai tertinggi kepada desa Akang Siwah. 

Menurut nya Proklim  adalah program nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. 

Sekali lagi Kami ucapkan banyak terima Kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Gayo Lues, PPL dan semua tim yang telah bekerja secara aktif melakukan identikasi terhadap aksi-aksi adaptasi dan mitigasi yang dilakukan oleh masyarakat, selain itu juga dilakukan pembinaan terhadap kelompok pengusul untuk penguatan kelembagaan. 

Apalagi atas binaannya sejak tahun 2021 sampai 2022, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues secara berturut-turut mendapatkan penghargaan trophy ditingkatkan Nasional, karena dinilai secara aktif dan berkesinambungan memiliki kepedulian terhadap perubahan iklim dengan dibuktikan dari kebijakan dan program yang dikeluarkan.

Camat juga menyampaikan pada tahun 2023 Desa Anak Reje Kecamatan Blangpegayon juara satu perlombaan Poskamling terbaik yang dinilai langsung oleh Polda Aceh. Mohon doa nya juga semoga desa Porang Ayu dapat nilai tertinggi atas perlombaan PKK tingkat Kabupaten pada tahun ini.

Asisten II Irwansyah dalam sambutannya menyampaikan, pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Gayo Lues telah mendukung pro aktif untuk desa yang dekat dengan hulu sungai diberikan dana untuk penghijauan. Haraapan perlunya bantuan dana dari Provinsi untuk Proklim Kabupaten Gayo Lues, binaan selanjutnya harus diperkuat supaya hulu sungai yang ada di desa Akang Siwah bisa terjaga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kasimudin mengatakan, Gayo Lues adalah salah satu sumber mata air yang terbesar diseluruh Aceh oleh sebab itu ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

IKLH (Index Kualitas Lingkungan Hidup) Kabupaten Gayo Lues berada di No 1 seAceh dan Nomor 8 Nasional. (Kamsah galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru