Analisa Budaya Politik di Bener Meriah

Oleh Hermawansyah, S.Ant.,M.Sos
Antropolog Bener Meriah

Masyarakat bener meriah saat ini memiliki berbagai persepsi terkait Pemilu yang akan datang, tentunya secara pengalaman mereka sangat mengerti dengan dinamika politik dan segala kemungkinan yang terjadi nantinya. 

Hasil pemilihan umum yang kita percayakan untuk mengisi eksekutif dan legislatif selalu terindikasi temuan berbentuk perilaku penyimpangan budaya politik berkedok uang kaget. Otomatis dalam lingkungan masyarakat homogen yang konsumtif akan mengagap budaya tersebut lumrah dilakukan.

Budaya Politik akan bertambah suram apabila tingkat pendidikan masyarakat dikesampingkan berdampak kurangnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat ditambah lagi maraknya media komunikasi yang tidak independen  membawa kehidupan budaya politik kearah primitif.

Dalam masyarakat homogen tentunya dapat kita analisa budaya politik akan berjalan sesuai keinginan suatu golongan dan selalu mengatasnamakan gerakan sosial.

Tentunya budaya politik akan lebih maju dan baik jika Pendidikan ditingkatkan sehingga pengetahuan masyarakat ikut merata, Stabilnya laju perekonomian berdampak langsung terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat, adanya (Reformasi) pembenahan sistem politik yang lebih baik, adanya kepastian Supremasi hukum dan media informasi yang independen. Apabila sesemua cara tersebut dilakukan maka akan berdampak langsung terhadap kehidupan peradaban politik masyarakat.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru