Sekda Ibrahim Terima 255 Mahasiswa KKM UNIKI di Kabupaten Bireuen

author photoM. Sulaiman
1 Agu 2022 - 21:09 WIB

BIREUEN-Ratusan peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) di terima dan langsung dilepaskan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad.


Adapun usai menerima ratusan peserta Mahasiswa KKM Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, dan Pelepasan yang berlangsung di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Senin 1 Agustus 2022.

Kedatangan para peserta Mahasiswa KKM tersebut, tentu disambut baik oleh pihak Pemerintah Kabupaten Bireuen, disebutkan dalam sambutan Sekda Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad. M.Si, kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa KKM di 5 Kecamatan dalam Wilayah kabupaten Bireuen.


Sekda Ibrahim berharap kepada Peserta Mahasiswa, dalam melaksanakan kegiatan KKM ini dapat mendukung kesuksesan pembangunan Desa, juga pembangunan daerah kabupaten Bireuen. 

kepada mahasiswa KKN UNIKI angkatan II ini, untuk berperan dalam pembinaan gampong. Dengan mengidentifikasi potensi daerah, sumber daya alam, sumber daya manusia, kultur topografi dan monografi desa/gampong dan pemilihan program unggulan masing-masing gampong.


"Tentu dengan KKM ini juga akan menambah ilmu dan pengalaman bagi Mahasiswa dan pemberdayaan kepada masyarakat," harpa Sekda Ibrahim.


Semoga dengan melaksanakan kegiatan ini dapat menjadi roda penggerak di tengah-tengah masyarakat, dapat berkontribusi nyata dalam masyarakat.

Ia, berharap para mahasiswa mampu beradaptasi dengan masyarakat, harus mengedepankan penghargaan terhadap nilai-nilai secara kearifan lokal disaat berada di masing masing gampong.


Dilain sisi tentu ada perbedaan diantara Gampong pedalaman, dengan perkotaan dan pesisir, dapat di jadikan sebagai contoh teladan bagi masyarakat dimi Terciptanya kenyamanan bersama.


Sekda Ibrahim, meminta kepada mahasiswa untuk dapat saling menghargai budaya dan adat istiadat serta rajinlan hadir ke masjid-Masjid, ke Meunasah untuk dapat beriring bahu untuk dapat menunaikan ibadah 5 waktu dalam sehari secara berjamaah. Sekda juga berpesan agar para mahasiswa untuk selalu membangun komunikasi sosial di kalangan masyarakat.

"Juga diminta kepada para camat di tempat mahasiswa KKM berada, diharapkan agar terus monitor dan membuat tugas-tugas mereka laksanakan sehingga dapat diselesaikan dengan baik, sesuai yang kita harapkan semua, Ucap Sekda Ibrahim Ahmad.


Disamping itu, dikatakan oleh Wakil Rektor lll UNIKI Bireuen, Drs H. Jailani, MM, menyampaikan dalam laporannya, para mahasiswa UNIKI yang mengikuti KKM pada tahun ini sebanyak 310 orang.

Dalam rincian semua mereka, untuk di Kabupaten Bireuen berjumlah 255 orang, sedangkan 55 orang lagi ditempatkan di Kabupaten Aceh Utara.


Para peserta Mahasiswa yang akan melaksanakan tugas KKM di beberapa Desa tertinggal, Desa sangat tertinggal untuk dapat melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat, Sebut Wakil Rektor lll UNIKI Bireuen.


"Lanjut Rektor Jailani, kabupaten Bireuen, para mahasiswa yang ditempatkan di sejumlah desa di lima kecamatan, yaitu kecamatan Peudada, Jeumpa, Juli, Peusangan Siblah Krung dan Kecamatan Makmur.

Dan diharapkan dalam kegiatan KKM kali ini, Agar para mahasiswa dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang dapat diperolehkan sesama saat mengikuti perkuliahan nanti,"Harap Wakil Rektor lll UNIKI Bireuen Jailani.(MS)
KOMENTAR