Dana DAK Miliaran untuk Rehab dan bangun Sekolah Rusak Gayolues Tahun 2022

author photoKamsah
16 Jun 2022 - 14:19 WIB

Blangkejeren - Banyak gedung sekolah yang ada di kabupaten Gayolues  mengalami kerusakan,Tahun 2022 ni pemda  mengucurkan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) fisik mencapai 3,2 miliyar 

Kabid Bina program  Dinas Pendidikan Kharul patah ST diruang kerjanya Kamis, (16/06), mengatakan, total DAK fisik tahun ini sebesar 3,2 miliyar  yang mendapat Dana DAK 35 sekolah yang di rehab dan bagunan baru

Dialokasikan untuk taman kanak-kanak (TK) dan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD), SD dan SMP, kata kabid. 

Fatah mengungkapkan, anggaran DAK fisik dialokasikan untuk rehabilitasi (rehab) dan pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) di sekolah. Meliputi ruang kelas, guru, perpustakaan, laboratorium (lab), dan pengadaan peralatan lab komputer serta buku koleksi perpustakaan.

Dari anggaran yang dikucurkan, 3,5 miliyar tersebut  mengakui, paling banyak digunakan untuk rehab kelas dan pembangunan ruang kelas baru (RKB) di SD dan SMP. "Baik yang rusak sedang maupun berat," katanya.

Menurut dia, yang menerima anggaran DAK tersebut sekolah Negeri Dan Swasta.

Lebih jauh, dia mengatakan, usulan penerima DAK sudah dibuat setahun sebelumnya. Jadi setiap sekolah mengirimkan kondisi sekolah melalui aplikasi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). "Nanti yang memutuskan dari pusat, sekolah mana saja yang menerima," ujarnya.

Sekolah sudah mengirimkan laporan lewat aplikasi dan data pokok pendidikan (dapodik). Pada Akhir tahun sebelumnya  disdik baru mengetahui jumlah sekolah yang menerima DAK. 

Sekolah Penerima DAK tahun ini, kemungkinan  bisa lagi mendapat di tahun berikutnya,tergantung usulan sekoalah kepada kemendekbud Karena yang menentukan pihak pusat,Dinas pendidikan hanya memfasilitasi jelas,Khairul fatah  (kamsah Galus)

KOMENTAR