Kementrian PUPR-RI Bersama HRD Survey Tebing Krueng Tingkeum Kutablang

BIREUEN- Anggota Komisi V DPR RI, H Ruslan M Daud (HRD) bersama Satuan kerja (Satker) Kementerian PUPR RI, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Bireuen, Aceh, Sabtu (18/9/2021).


Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Bireuen, HRD bersama Satker Kementerian PUPR, melakukan survey ke tebing Krueng Tingkeum, di Desa Kulu, Kecamatan Kutablang, yang telah ambruk beberapa tahun lalu.


Rencananya, tebing sungai Krueng Tingkeum itu akan dibangun tanggul penahan tanah agar erosi atau abrasi tebing sungai tidak bertambah parah. namun jika terus dibiarkan tebing sungai tersebut akan ambruk, akan mengancam banjir yang dapat merendam sejumlah rumah dan Pedesaan di sebelah barat tebing sungai tersebut.


Dalam kunjungan tersebut, HRD bersama tim Satker Kementerian PUPR, sedang mencari solusinya. Intinya dicarikan solusi mana yang terbaik dan akan selalu berkoordinasi dengan Pemkab Bireuen.


Informasi yang diperoleh Haba RAKYAT dari beberapa sumber menyebutkan, dana perencanaan untuk penanggulan gan abrasi tersebut sudah dialokasikan dalam APBK Bireuen.


Begitu juga untuk pembangunan tanggul itu sendiri, informasinya sudah dianggarkan melalui Aspirasi HRD dalam APBN sebesar Rp 30 miliar dan akan dilakukan lelang dalam waktu dekat ini.


"Selaku warga Kutablang, kami berharap segera terealisasi, khususnya saudara kami warga Desa Kulu dan sekitarnya  kembali dapat menikmati jalur transportasi darat yang aman, karena akibat tebing sungai ambruk, jalan desa di atas tebing sungai yang menghubungkan sejumlah desa lainnya hingga ke Kecamatan Peusangan juga telah lama putus," kata Mukhlis, warga setempat.


Sebelumnya, HRD dan Tim Satker juga melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Samalanga, dalam rangka meninjau lokasi rencana pembangunan jembatan gantung dan RUSUNAWA untuk tahun anggaran 2022 mendatang.


Selain itu, HRD dan tim juga melakukan survei jembatan gantung di Riseh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru