BNNK Bireuen Bersama Forkopimda Peringati HANI Tahun 2020

author photoM. Sulaiman
26 Jun 2020 - 23:33 WIB

BIREUEN- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bireuen, bersama unsur Forkopimda Bireuen mengikuti dan menyaksikan pembukaan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020, secara virtual dari Jakarta, 

Forkopimda dan BNNK Bireuen melaksanakan kegitan di ruang Oproom Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Bireuen pada pembukaan HANI.

Adapun acara pembukaan HANI yang dilaksanakan BNNK Bireuen turut dihadiri Sekda Bireuen, Ir Zulkifli  SP, Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe SSos, Danyonif Raider Khusus 113/JS, Letkol Robbi Firdaus, Wakil Ketua DPRK Syauqi Futaqi, pejabat mewakili Kapolres, Kejari, Ketua Pengadilan Negeri.

Kepala BNNK Bireuen, Saiful Fadli SSTP MSi menjelaskan, upacara puncak peringatan HANI tahun 2020, secara virtual dibuka oleh Wakil Presiden di kantor BNN Pusat dengan mengikuti protokol kesehatan disaksikan pejabat Forkopimda di masing-masing daerah.

Saiful Fadli mengatakan, tahun ini Pemkab Bireuen satu-satunya kabupaten di Aceh yang menerima penghargaan dari BNN Pusat, diterima Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dalam acara di Pendopo Gubernur Aceh, Jumat (26/06/2020) pagi.

"Penghargaan diperoleh atas keberhasilan Bireuen mendukung program P4GN, baik pemerintah maupun masyarakat Bireuen sangat proaktif mendukung program BNN ini," sebut Saiful Fadli.

Saiful Fadli, turut menyampaikan Pesan Kepala Badan Narkotikan Nasional (BNN) Republik Indonesia. Heru Winarko, dalam pesannya kepada semua pihak di seluruh Provinsi dan Kabupaten Kota, sehingga, kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan untuk menanganinya. tindakan kejahatan narkoba, norkoba merupakan ancaman kemanusiaan yang harus kita perangi bersama," pesan Heru dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional.

Juga mengajak masyarakat untuk menyadarkan anak muda sebagai generasi penerus bangsa guna menjalani hidup yang lebih baik yakni hidup sadar sehat dan produktif, bahagia tanpa narkoba. 

"Di hari anti narkotika internasional 2020 ini, saya Heru Winarko, Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia mengajak masyarakat untuk peduli dan beralih ke kehidupan yang lebih baik tanpa narkoba,"terang Kepala BNNK Bireuen Saiful Fadli.

Adapun.' Kepala BNNK didampingi oleh Kasi P2M Wardiah AMd Keb dan Kasubbag Umum Zakaria menambahkan, saat Pra HANI mereka telah mengelar life skill pembuatan sabun padat dan cair, paving blok bagi masyarakat 12 gampong rawan narkoba bekerjasama Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

Wardiah menambahkan, kegiatan berlangsung mulai 15 Juni lalu sampai 1 Juli 2020 sebagai upaya dari BNNK Bireuen, untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dan diharap tidak lagi terkontaminasi narkoba.

Keberlanjutannya dari pelatihan tersebut diharapkan juga adanya dukungan dari Pemkab Bireuen melalui dinas terkait, agar usaha sesuai bidang keahlian yang dilatih dapat berjalan sebagaimana diharapkan.

Dirincikan, pelatihan pembuatan sabun padat dan cair berlangsung di Desa Mon Kelayu, Gandapura, Desa Kuala Ceurape dan Alue Buya Pasie, Jangka.

Seterusnya di Desa Cot Geurundong, Kuala Jeumpa, Jeumpa, Desa Kuku Peudada, kemudian Desa Blang Samagadeng, Pandrah, Desa Bale Daka dan Seuneubok Peulimbang,Peulimbang, terakhir Desa Cureh Baro Simpang Mamplam.

Ditambahkan, untuk Gampong Jangka Mesjid, Jangka diadakan pelatihan cara pembuatan pakan ikan, sementara di Desa Meunasah Bungo, Peudada pelatihan cara membuat paving blok, cincin sumur dan batako,"tutup Wardiah.(MS)
KOMENTAR