UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh Gelar Panggung Gembira "Panteue Subra" Aceh Utara dan Pidie Jaya

author photoRedaksi
15 Mar 2020 - 11:01 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh menggelar Panggung Gembira "Panteue Subra" dari dua kabupaten yaitu Aceh Utara dan Pidie Jaya dalam rangka event perdana seni budaya di UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh, Sabtu (14 Maret 2020) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin yang diwakili oleh Kabid Kesenian dan Bahasa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Subur mengatakan, para seniman yang ada di Aceh semangat kerinduan kepada kampung halaman oleh publik yang menetap di Banda Aceh sehingga dapat sedikit terobati.

"Kita sangat mengapresiasi berlangsungnya kegiatan panggung gembira "Panteue Subra" dengan harapan seluruh para seniman baik lembaga - lembaga di bidang seni agar kedepannya juga dapat merangkul sanggar yang masih aktif tetapi belum pernah tampil sama sekali untuk dapat ikut tampil pada event selanjutnya," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh terus berkomitmen guna lebih memprioritaskan rangkaian pagelaran kesenian daerah dalam pembinaan seluruh sanggar-sanggar karya seniman dari Kabupaten dan Kota yang juga bekerjasama dengan UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh kedepannya.

Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh, Elly Zuarni S Sn mengatakan, pertunjukan sanggar-sanggar Aceh dalam penampilan karya seniman terbaiknya selama ini sudah sangat jauh berkembang pesat baik daerahnya, dengan harapan dapat mampu bersaing ke tingkat Nasional maupun Internasional.

Panggung gembira "Panteue Subra" ini dimeriahkan penampilan Seumapa dari Pidie Jaya oleh Sanggar Seumapa Narit Maja, Musik Etnik dari Aceh Utara oleh Sanggar Bungong Rimba, Seudati dan Ratoh Jaroe dari Aceh Utara oleh Sanggar Babah Rot, Tari Ploh Bron, Rapai Bubee dari Pidie Jaya oleh Sanggar Labang Donya serta sastra berupa baca puisi oleh penyair Zulfikar (Zulkirbi) dan Muhrain. (Ulan)
KOMENTAR