Karang Taruna Bireuen Silaturahmi Dengan Pemuda dan Forkopimda Dalam Rangka Ngopi Bareng

BIREUEN- Hujut Silaturahmi antara Forkopimda serta dengan pemuda harus selalu di jaga ke bersamaan sebagai bentuk memper'erat jalin persaudaraan sesama, giat ngopi bareng yang di gelar Karang Taruna Kabupaten Bireuen berlangsung di salah satu Warkop dalam kecamatan Kutablang pada selasa (7/1/2020) pagi. 


Karang Taruna Kabupaten Bireuen menggelar Ngopi Pagi bersama ketua karang taruna Kecamatan dan Gampong, ketua pemuda, diataranya karang taruna Kecamatan Kutablang, Makmur dan Gandapura, turut serta dengan Forkopimda Bireuen dengan tema kita hujut kan silaturahmi antara sesama. Acara berlangsung dengan nikmat penuh dengan kebersamaan. 


Dalam kesempatan tersebut Ketua Karang Taruna Kabupaten Bireuen, Drh.Murdani, menyebutkan, Tahun 2019 KT Bireuen sudah melakukan kegiatan pemberdayaan pengembangan ekonomi kepemudaan, diantaranya, pelatihan Budi Daya Tanaman Hidroponik, pelatihan WEB/ Blooger, dan lainnya. Kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi dengan pengurus Karang Taruna Gampong, khususnya di wilayah Timur, Kecamatan Kutablang, Makmur dan Gandapura," katanya 


Sementara itu. Camat Kutablang Mukhsin, S.Ag, dalam sambutannya mengucapkan, "Selamat Datang dan terima kasih atas partisipasi para pemuda dari 3 Kecamatan yang telah berhadir dan kepada Pengurus Karang Taruna Bireuen, Kecamatan dan gampong. Semoga kegiatan ini bisa dilanjutkan secara berskala guna membuat pemuda semakin dekat dengan Forkopimda dan bisa saling diskusi interaktif seputar motivasi dan peran kepemudaan," terangnya.


Kegiatan Ngopi Pagi yang berlangsung di Warkop Siang Malam Kecamatan Kutablang tersebut juga dihadiri Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos, dalam sambutannya, mengatakan, "agar pemuda gampong peduli dan ikut mengawasi dan terlibat dalam pengelolaan dana desa dan mengaktifkan diri dalam lembaga kepemudaan gampong sesuai petunjuk Qanun Kabupaten Bireuen Nomor 6 Tahun 2018," katanya.


Politikus partai Aceh yang akrab disapa Ceulangiek itu menambahkan, "pemuda gampong sebagai ujung tombak kegiatan di gampong dan menjadi tolak ukur kemajuan sebuah gampong," imbuhnya.


Sebelumnya, Wakil Bupati Bireuen, DR. Muzakkar Agani, SH, M.Si yang berkesempatan hadir, mengharapkan, "Bagaimana nantinya pemuda bisa mengantisipasi tantangan. Kita harus melawan keterbatasan yang dimiliki. Karena sebagai pemuda harus bersikap rendah hati agar disenangi berbagai kalangan dengan melibatkan diri pada kegiatan gampong, kegiatan yang membawa kemajuan gampong," harapnya. 


"Fenomena akhir akhir ini banyak anak muda yang buang buang waktu, untuk itu sekarang mari bangkit dan motivasikan diri menciptakan kegiatan positif. Mari buka wawasan kita, dengan kegiatan kreatif, buat pembibitan cabe rawit misalnya, dan jual melalui Medsos,"


Lanjutnya, "Pemuda Milineal hari ini, menggunakan teknologi dan terus up date informasi terkini agar tidak terlindas era modern. Karang Taruna menjadi bagian dari pembangunan. Menjadi penggerak atau motivator serta mampu menguasai teknologi," terang Wakil Bupati Bireuen Muzakkar.


Dalam sesion tanya jawab, salah satu peserta, Ketua Pemuda Desa Alue Mangki, Kecamatan Gandapura, Ahyar Rizky, mengharapkan agar di setiap kecamatan di gelar kegiatan kepemudaan dan bagaimana peran orang tua dan pemerintah dalam mensupport pemuda," 


Begitu juga Fachrurrazi, tokoh muda asal Desa Babah Jurong Kecamatan Kutablang, "apa saja kiat pemda dalam membangun kegiatan kepemudaan," tanya nya.


"Salah satunya konsen dalam membentuk Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan pembinaan organisasi organisasi kepemudaan," jawab Wabup Muzakkar seraya meminta agar para pemuda mendukung pemerintahan yang sedang berjalan, dan sama- sama membangun kabupaten Bireuen.


Selain itu, Haris Munandar alias Haris Atox Ketua Pemuda Desa Pulo Awe Kecamatan Kutablang, mengajak pemuda untuk kompak digampong dan memanfaatkan Dana Desa khususnya pada kegiatan Kepemudaan atau Karang Taruna di gampong. Lalu dilanjutkan Tarmizi Badai tokoh muda asal Kecamatan Makmur yang turut melontarkan beberapa statement senada terkait anggaran Kepemudaan yang menurutnya masih minim.


Pada kesempatan yang sama, Dandim Bireuen Letkol Inf. Zainal Abidin Rambe, juga memberikan sedikit wejangan kepada puluhan pemuda yang berhadir, katanya, "Pemuda itu sebagai Pelopor. Sebab usia muda masih bisa untuk berimprovisasi dan berkreasi.


Jangan terfokus pada dana yang sudah ada, tapi ciptakan ide kreatif, menjadi distributor misalnya.


"Di Youtube sudah ada semua, tinggal kita mau mencontohkan atau tidak. Ciptakan pemikiran pemikiran baru yang bisa menghasilkan nilai ekonomis. Memanfaat lahan kosong, tanam jagung misalnya dan cukup banyak ide ide lainnya yang bisa dikembangkan," terang Dandim.


Ia juga menambahkan, "Kepada DPRK agar nanti ketika ada kegiatan-kagiatan, pemuda dijadikan EO nya. Mampu gak, dan harus diberi kesempatan sebagai pemegang amanah,"


Dandim juga mencontohkan, para pejabat dan Menteri rata rata berasal dari pengurus organisasi organisasi mahasiswa sebelumnya.


Bagi Pemuda atau Karang Taruna desa yang mau curhat silahkan ke kami, bisa ke Babinsa dan Danramil," katanya.


"Perlu kami beritahukan, penerimaan anggota TNI setiap tahun ada 3 kali, yakni pada Februari, Juli dan Oktober. Bagi adik adik pemuda atau ada famili nya yang mau mendaftar, silahkan gunakan kesempatan ini," terang Dandim Bireuen.


Kegiatan Ngopi Pagi pemuda bersama Forkopimda Bireuen itu turut dihadiri, Wakil Bupati Bireuen Dr. Muzakkar Agani, SH, M.Si, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos, anggota DPRK Bireuen, Athailah M.Saleh, MA, Iskandar Is, Sekjen Karang Taruna Aceh Khairul Bahri, Ketua KT Bireuen, Drh. Murdani.


Juga nampak hadir Camat Gandapura Ibrahim, S.Sos, Camat Kutablang Mukhsin, S.Ag, Camat Makmur, mewakili Kapolsek Gandapura, Makmur dan Kapospolsubsektor Kutablang, Danramil Gandapura Kapten Inf.Adi Boy, Dan pos Kutablang, Ketua Asosiasi Keuchik Kecamatan, Tokoh masyarakat setempat, Pengurus KT Kecamatan, Ketua Pemuda tiga Kecamatan, dan sejumlah undangan lainnya.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru