Pantai Thailand, Pantai Cantik dengan Pesona Bawah Laut Memukau di Simeulue

Kabupaten Simeulue terus berbenah diri untuk memajukan beberapa sektor penting seperti wisata, kelautan, dan juga peternakan. Terdiri dari beberapa gugusan kepulauan, tak heran jika Simeulue memiliki beberapa deretan pantai indah nan menawan yang salah satunya adalah Pantai Thailand.

Pantai Thailand atau yang sering dikenal dengan Pantai Labuhan Bhakti ini memang layak jika dijuluki sebagai surya yang tersembunyi. Pantai mungil ini menawarkan hamparan pasir putih yang bersih serta air laut dengan gradasi warna hijau tosca yang sangat memukau. Deretan pepohonan hijau yang mengitari pantai ini juga menjadikan pemandangan nampak asri serta natural.

Pantai Thailand berada pada Desa Labuhan Bhakti, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, Aceh. Untuk menuju ke pantai ini wisatawan harus melakukan perjalanan selama kurang lebih satu jam dari Kota Sinabang. Namun jika wisatawan berasal dari luar kota, maka diperlukan usaha lebih untuk menikmati keindahan pantai ini.

Terdapat dua jalur yang bisa dipilih wisatawan jika datang dari luar Kabupaten Simeulue, yaitu jalur udara dan laut. Jika memilih jalur laut, wisatawan bisa terlebih dulu menuju ke Pelabuhan Labuhan Haji di Aceh Selatan, lalu menyebrang ke Pelabuhan Sinabang. Jika ingin perjalanan yang lebih cepat wisatawan bisa menggunakan jalur udara dengan mendarat di Bandara Lasikin yang ada di Kota Sinabang.

Pantai Thailand ini berada pada sebuah selat yang memisahkan antara Pulau Simeulue dengan pulau diseberangnya. Pantai ini nampak eksotis, karena jika dicermati akan terlihat seperti teluk kecil yang dikelilingi dengan pepohonan hijau. Dari kejauhan, deretan pepohonan mangrove pun bisa dilihat mengelilingi pantai ini.

Ketika tiba di pantai, wisatawan akan disambut dengan hamparan hijaunya rerumputan serta pepohonan yang berada tak jauh dari pantai. Gradasi warna air laut yang terkena pancaran sinar matahari juga tampak berkilau, berwarna hijau tosca yang cantik. Lembutnya pasir putih, juga seolah tak ingin ketinggalan untuk menyambut kedatangan wisatawan.

Suara deburan ombak yang lembut menyapa telinga para pengunjung, bebatuan karang bisa dijumpai wisatawan di sepanjang bibir pantai seolah menjadi hiasan alami pantai ini. Asal usul nama Pantai Thailand sendiri berasal ketika selat ini digunakan sebagai dermaga bagi para orang Thailand untuk mengangkut batang kayu ke negara asalnya.

Warga setempat pun akhirnya mengenal tempat tersebut dengan sebutan Camp Thailand. Namun sebelum peristiwa tsunami yang terjadi pada tahun 2004, entah kenapa para orang Thailand meninggalkan camp tersebut serta menggeletakkan kayu-kayu tanpa sebab. Sejak saat itulah, pantai indah ini dikenal dengan nama Pantai Thailand.

Memiliki kedalaman yang berkisar antara 7 hingga 8 meter, Pantai Thailand juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang menawan. Gelombang ombak yang cukup tenang, karena tidak berbatasan langsung dengan samudra juga menjadi nilai tambah bagi para divers dan pecinta olahraga snorkeling untuk menikmati keanekaragaman biota laut yang tinggal didalamnya.

Wisatawan bisa menikmati keindahan Pantai Thailand dengan sepuas hati bermain diluasnya hamparan pasir putih, serta berenang dan mandi dilaut. Arusnya yang cukup bersahabat menjadikan pantai ini cukup aman bagi wisatawan yang hendak mengajak anak-anaknya berpiknik. Pantai ini juga seolah merupakan pantai milik pribadi, yang bisa dengan leluasa kamu telurusi.

Tempat ini memang sangat cocok untuk menikmati waktu libur panjang, wisatawan bisa dengan sepuasnya menikmati pemandangan pantai yang tenang, dengan ditemani angin lembut yang berhembus. Padang rumput, pepohonan hijau, serta tumbuhan mangrove menjadi fenomena tersendiri di pantai ini yang sangat enak untuk dipandang mata. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru