Panwaslih " Ajak Diskusi" Puluhan Insan Pers Aceh Timur, Ada Apa

THEATJEH.NET, Aceh Timur- Panwaslih Kabupaten Aceh Timur menggelar Diskusi Pengawasan Penyelenggara Pemilu Penetapan Peserta Pemilu Tahun 2024 dengan para Media di Aceh Timur Acaradi gelar di Hotel Royal Idi, Desa Senuebok Bace, Kec Idi Rayeuk, Kab Aceh Timur. Kamis 09-03-2023.

Tidak tanggung-tanggung kali ini Panwaslih Kabupaten Aceh mengandeng puluhan para insan pers dari berbagai puluhan organisasi Media dan LSM di Kabupaten Aceh Timur..

Acara tersebut dibuka langsung oleh Maimun SP.d Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh dan dihadiri oleh para komisioner diantaranya Musliadi SP.d SH, H Iskandar Agani SE, Rita Fahria ST dan Saifullah ST serta para staf dijajaran Sekretariat Panwaslih Kabupaten Aceh Timur.

Dalam Sambutannya, Maimun menyampaikan, Bawaslu dan para insan pers merupakan perangkat yang saling memiliki ikatan dalam mengawasi pemilu di Aceh Timur sehingga Panwaslih tidak akan mampu berjalan dengan sendiri tanpa dukungan dari para awak media.

Sementara Musliadi SP.d SH sebagai Komisioner Panwaslih Kabupaten Aceh Timur menyampaikan, Jargon Bawaslu "Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu" sehingga tanpa dukungan rakyat dan para insan pers dalam melakukan pengawasan pemilu tidak akan berjalan dengan baik.

"Kami yakini tugas mulia para insan pers sebagai kontrol sosial dan corong informasi publik jika dikaitkan dengan tugas dan fungsi serta kewenangan Bawaslu itu sama-sama memiliki ikatan yang kuat yakni melakukan pengawasan pemilu yang jujur, adil, kredibel, tranparan, aman serta bermartabat" Ungkap Musliadi.

Bahtiar Husen MA, sebagai pemateri menyampaikan, peran media dalam menyukseskan pemilu tanpa informasi hoax sangat besar karena hingga saat ini rakyat masih "berkiblat" pada informasi- informasi yang disajikan oleh para insan pers. 

Sehingga menurutnya, para jurnalis dituntut independensi dan kredibel serta tranparan dalam menyajikan segala informasi kepada publik dan tanpa menyebar hoax dan ujaran kebencian serta mengandung unsur "sara" lebih-lebih dimasa pesta demokrasi yang sedang berlangsung saat ini..

Dalam kegiatan tersebut banyak issue yang dibahas mulai dari kesejahteraan dan keselamatan para insan pers dalam meliput berita serta issue terkini tentang pengawasan tahapan pemilu di Aceh Timur.

Dipenghujung acara para insan Pers dan Panwaslih Kabupaten Aceh berfoto bersama sebagai komitmen menjalin hubungan baik antara para Jurnalis dan Panwaslih di Aceh Timur. (Basri)

Teks Foto: Puluhan Wartawan dan Panwaslih Kab Aceh Timur berfoto bersama.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru