Disperindag Jual Sembako 160 ribu di Pasar Murah

LHOKSEUMAWE – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh bekerjasama dengan Perum Bulog Kantor Wilayah Aceh dan Disperindagkop Lhokseumawe menggelar pasar murah di Gampong Meunasah Blang, Kecamatan Muara Dua, Sabtu (19/3/2022).

Sembako di pasar murah dijual Rp 160 ribu perpaket. Sekitar pukul 9:30 WIB, lokasi pasar murah sudah terlihat warga yang ramai datang. Tidak hanya ibu-ibu, kaum bapak pun turut serta berbelanja.

Seorang warga Lhokseumawe, Indri mengaku sejak pukul 09:00 WIB sudah menunggu di lokasi, mengantre untuk mendapatkan nomor antrean.

Dia berterima kasih kepada Pemko Lhokseumawe yang sudah mengadakan pasar murah yang menjadi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan, serta di tengah situasi mahalnya harga sembako, dan masa pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, pasar murah ini sangat membantu karena harga yang ditawarkan lumayan murah," ungkap Indri m, Sabtu (19/3/2022).

Dia mengharapkan pasar murah seperti ini bisa terus diadakan dan lokasinya diperbanyak.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Koperasi Lhokseumawe, M Rizal mengatakan, kebijakan tersebut diambil oleh Pemerintah Aceh sebagai upaya untuk menjaga kestabilan harga sembako di pasaran dengan pasokan, dan stok mencukupi.

Pasar murah ini, sebutnya, menyediakan beras 6.000 kg, gula 8.350 kg, minyak goreng 8.800 liter, tepung terigu 1.000 kg, dan telur ayam 30.200 butir.

Rizal mengatakan, jika masyarakat belanja seharga Rp 161.000, maka masyarakat yang datang ke pasar murah itu sudah dapat memiliki beras 10 kg, gula 1 kg, tepung terigu 1 kg, migor 1 liter, dan telur ayam satu papan.

"Warga bisa membeli satu paket diantaranya ada beras, telur, tepung, minyak goreng, dan gula. Namun, jika menyesuaikan kebutuhan maka warga juga dibolehkan membeli sesuai kemauan. Misalnya, hanya butuh beras dan telur, maka boleh dengan harga yang sesuai per item," paparnya.

Sementara pasar murah akan kembali digelar Minggu (20//12/2022) di Gampong Mesjid Peunteut, Kecamatan Blang Mangat.

Lalu, pada 21 Maret 2022 di Gampong Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, dan terakhir pada 22 Maret 2022 di Gampong Tumpok Teungoh, Kecamatan Banda Sakti.

Kepala Disperindagkop Lhokseumawe, M Rizal mengatakan, bagi warga yang ingin berbelanja kebutuhan pokok di pasar murah, tentu harus tetap mengikuti protokol kesehatan (protkes) Covid-19.

Dimana pasar murah itu sebagai wujud pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Corona.

Pasar murah digelar di lapangan sepakbola Meunasah Blang, Kecamatan Muara Dua, Kandang, Lhokseumawe tetap mendapat pantauan dari pihak penyelenggara.

Setiap saat selalu memberikan informasi kepada warga yang datang agar menjaga jarak, dan memakai masker.

"Kita mengimbau warga yang ingin membeli di lokasi pasar murah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker dan menjaga jarak.

Selain itu, juga dikawal oleh anggota Babinsa dan Bhabinkantibmas untuk menjaga keamanan di lokasi pasar murah," jelas M Rizal, Sabtu (19/3/2022).

Ia menyebutkan, pihaknya tidak bisa memastikan warga yang ramai berdatangan untuk mendapatkan bahan pokok di pasar murah.

"Semua warga harus saling memahami kondisi saat ini, dimana pandemi covid belum berakhir, sehingga menjaga jarak dan memakai masker ini lebih baik," pungkasnya. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru