Bupati Muzakkar Hadiri Rapat Paripurna DPRK Bireuen Dengan Usulan Rancangan Qanun RTRW

author photoM. Sulaiman
21 Mar 2022 - 23:00 WIB

BIREUEN-Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH M.Si menyampaikan usulan Rancangan Qanun tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Bireuen tahun 2022-2042, merupakan revisi secara menyeluruh Qanun nomor 7 tahun 2013 tentang RTRW Bireuen tahun 2012-2032.


Rapat Paripurna digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bireuen Senin 21 Maret 2022.


Disampaikan dalam rapat paripurna DPRK Bireuen dalam rangka pengambi lan sumpah anggota DPRK Bireuen pengganti antar waktu Nurmi Alamsyah dari Partai Golkar, mengantikan Iskandar Is, SPd MH telah meninggal, dan penyampaian rancangan qanun usulan Pemkab Bireuen, rancangan qanun inisiatif DPRK Bireuen.


Bupati di rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRK Rusyidi Mukhtar, S.Sos dihadiri oleh wakil ketua dan anggota DPRK, sekda, asisten, kepala SKPK, ketua partai politik menjelaskan.


Revisi ini dilakukan atas dasar hasil 
Peninjauan Kembali (PK) yang telah dilaksanakan tahun 2018 dengan rekomendasi revisi terhadap RTRW Kabupaten Bireuen yang tercantum dalam SK Kabupaten Bireuen Nomor 143 Tahun 2019.


Revisi dilaksanakan sesuai kebijakan terkait diantaranya PP nomor 21 tahun 2021 tentang penyelenggaraan penataan ruang dijabarkan kembali dalam Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 11 Tahun 2021 tentang.


Tatacara penyusunan, peninjauan kembali, rivisi dan penerbitan persetu juan susbtansi rencana tata ruang wilayah provinsi, kabupaten, kota dan rencana detail tata ruang. Pemkab Bireuen masih melakukan tahapan kelengkapan dokumen untuk dapat dilanjutkan pada persetujuan substansi ditingkat kementerian.


Selain itu, dalam persidangan ini juga DPRK Bireuen menyampaikan tiga rancangan qanun inisiatif yaitu terdiri dari rancangan qanun tentang Majelis Pendidikan Aceh Kabupaten Bireuen, serta rancangan qanun tentang ketentraman dan ketertiban umum, rancangan qanun Kabupaten Bireuen tentang Kewirausahaan.


Menurutnya, ke empat rancangan qanun tersebut yang merupakan tindak lanjut dari keputusan DPRK Bireuen Nomor 2 Tahun 2022 tentang program legislasi Kabupaten Bireuen tahun 2022.


"Kami mengharapkan kepada anggota dewan ke empat rancangan qanun dilakukan pembahasan, persetujuan bersama sesuai jadwal ditetapkan sehingga dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan roda pemerintahan ke depan," Ucap Bupati Bireuen Muzakkar A Gani.(MS)
KOMENTAR