161 santri, mengikuti Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) Di Gayo lues ke-II

BLANGKEJEREN - Wakil Bupati Gayolues H said Sani membuka Musabaqah Qiratul Kutub yang ke-II  tahun 2021 di halaman masjid Raya Blangkejeren, selasa (16/11/2021).

Wabub dalam sambutanya, Musabaqah Qiraatul Kutub ini dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan para santri dan meningkatkan kapasitas karakter serta daya saing santri. 

Sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan dan membangun semangat dalam meraih prestasi di masa-masa yang akan datang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,dengan harapan dapat meningkatkan kualitas keimanan, ketakwaan santri yang profesional, berakhlakul karimah, kreatif, inovatif.

Kadis Dinas Syarita Islam Samsul Bahri Ssi mengatakan kegiatan Musabaqah Qiraatul Kutub  selama empat hari mulai sejaktanggal 16s/d 19 Nopember 2021.

Adapun katagori cabang yang diperlombaan ada 5 cabang, Cabang kitab Matan Taqrib, cabang kitab Ta'lim muta'llim, cabang Kitab Bayjuri, cabang kitab Kawakib Durriyah dan cabang kita i'anah thalibin

Samsul Bahri juga menjelaskan pelaksanaan Musabaqah Qiraatul Kutub,untuk menguji kualitas kemampuan santri dalam lingkungan dayah,sekaligus untuk menarik minat kepada masyarakat untuk memasukan putra putrinya ke pasentern atau pun Dayah .

Selain melakukan kajian ilmu agama Islam juga meningkatkan mutu pendidikan dayah kearah lebih baik, agar mendorong dan meningkatkan kecintaan santri kepada Alquran dan kitab-kitab rujukan berbahasa Arab.

Dewan Hakim Musabaqah Qiraatul Kutub terdiri unsur MPU Dayah memiliki integritas, kapasitas, kapabilitas mumpuni dibidangnya.
Kepada pemenang akan di berikan selain uang pembinaan juga di berikan Tropy 

Pelaksanaan Musabagah Qiraatul Kutub in ajang seleksi calon peserta MQK tingkat Provinsi, jelasnya. (Kamsah Galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru