Janji Bupati Bireuen Akan Bawa Ke Umrah Kafilah Paraih Juara MTQ Tingkat Provinsi Aceh

author photoM. Sulaiman
3 Agu 2021 - 03:25 WIB

BIREUEN- Usai penutupan dan penyera  han hadiah juara umum, juara lainnya untuk peserta kafilah yang mengikuti perlombaan MTQ Ke-35 Tingkat Kabupaten Bireuen tahun 2021, Bupati Bireuen Dr. H Muzakkar A Gani, SH., M.Si berjanji akan membawakan ke Umrah yang mampu meraih juara Umum Tingkat Provinsi Aceh pada perlombaan kedepan.


Bagi Peserta Perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur'an di Kabupaten Bireuen bersiap-siap untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Aceh yang akan dilaksanakan pada bulan November 2021, bagi kafilah yang mampu meraih juara umum, maka akan mendapatkan Tiket gratis Ke Umrah dari Bupati Bireuen Muzakkar A Gani,


Sedangkan MTQ Tingkat Provinsi Aceh akan dilaksanakan, Kabupaten Bireuen sedang mempersiapkan, untuk memilih dan menetapkan duta-duta kabupaten yang akan mengikuti even MTQ tingkat Provinsi Aceh pada bulan November 2021 di kabupaten Bener Meriah.


Hal itu dikatakan Bupati Bireuen Dr. H, Muzakkar A Gani. SH., M. Si, bagi peserta Kafilah yang mampu meraih juara umum pada even MTQ tingkat Provinsi Aceh pada November nanti, maka bagi pemenang juara umum akan kita bawa ke umrah,"Janji Bupat Bireuen Muzakkar A Gani saat diwawancarai sejumlah Awak Media Senin 2 Agustus 2021, usai penutupan dan Penyerahan hadiah Juara Umum kepada Kafilah Gandapura.


Konkritnya, dayah di Kabupaten Bireuen harus menjadi pusat pengembangan Tilawah, Qiraat, Hifzil, Tafsir, Fahmil, Syarhil, Khattil dan KTIQ (Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an), sebagaimana cabang perlombaan yang dilaksanakan dalam ajang MTQ kali ini, juga dayah di samping melaksanakan pengajaran kitab kuning, ke depannya harus memiliki keahlian dan spesifikasi dalam pengembangan cabang perlombaan MTQ.


"Para santri di dayah dengan sistem mondok (boarding), cenderung memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk belajar. Saya yakin bila para dewan guru mengarahkan para santri untuk pengembangan cabang-cabang perlombaan MTQ, ke depannya prestasi Kabupaten Bireuen di ajang MTQ tingkat provinsi makin baik dan mampu meraih juara umum,," Ungkap Bupati Muzakkar A. Gani di Kompleks Masjid Agung Sultan Jeumpa.


Pelaksanaan Musabaqah ini, sebut Muzakkar, hendaknya dapat menjadi barometer bagi kafilah di tiap kecamatan, untuk mengukur sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilaksanakan selama ini.


Bupati Muzakkar juga mengharapkan kepada peserta yang telah meraih prestasi pada MTQ kali ini, dapat menjadi pemicu agar lebih berprestasi ke depannya, untuk mewakili Kabupaten Bireuen pada even MTQ di tingkat provinsi dan nasional.


"Bagi yang belum berhasil menjadi juara, jangan kehilangan semangat untuk meraih prestasi. Jangan pernah putus asa dalam berusaha. Teruslah belajar dan menambah wawasan keilmuan tentang Al-Qur'an, sehingga pada kesempatan lain akan lebih baik," sebut Muzakkar, menyemangati.


Menurutnya, pelaksanaan musabaqah merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi kandungan Al-Qur'an. Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai di sini. Kegiatan yang sarat dengan syiar Islam ini akan menjadi sia-sia, apabila tidak meninggal kan bekas di tengah-tengah masyarakat.


Untuk itu, Kata Bupati Bireuen, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen umat dan jajaran pemerintah, agar penyelengga raan kegiatan seperti ini selalu didukung dan digalakkan.


"Supaya dapat memberi pengaruh yang positif kepada masyarakat, dan dapat dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan ke depannya," Tegas Bupati Muzakkar.(MS)
KOMENTAR