Bupati Muzakkar A Gani Resmikan Dua Gedung di Lingkungan Pemkab Bireuen

BIREUEN- Bupati Bireuen Dr.H.Muzakkar A.Gani, SH.,M.SI, meresmikan dua gedung, diantaranya Gedung LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an), Gedung serbaguna Kecamatan Kota Juang, disertakan dengan menyalurkan bantuan untuk lima Gampong sebagai Desa percontohan Syariat Islam Kamis 15 Juli 2021.


Sementara dalam sambutan Bupati Bireuen Dr. H., Muzakkar, A. Gani SH.,M. Si, usai meresmikan Gedung LPTQ Kabupaten Bireuen, yang terletak di samping kantor Kejari Bireuen Cot Gapu, sedangkan Gedung Serbaguna Kantor Camat Kota Juang, tepatnya di Jalan Laksamana Malahayati bersebelahan
dengan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen.


"Bupati Muzakkar A, Gani berharap dengan adanya dua gedung ini, nantinya dapat lahirnya generasi Qur'ani, qari-qariah yang andal dan mampu membawa harum nama baik Kabupaten Bireuen daajang MTQ Provinsi Aceh dan MTQ Nasional," Harap Bupati Bireuen.


Adapun dengan adanya Gedung LPTQ ini, dapat menjadi salah satu fondasi yang berkarakter. Jika fondasi kokoh, maka seluruh unsur dan struktur bangunan di atasnya memiliki pijakan yang kuat. Kita berharap ini sesuai dengan visi Kabupaten Bireuen untuk  terwujudkan Kabupaten Bireuen yang adil, makmur, aman, damai berlandaskan Syariat Islam.


"Kembangkan LPTQ untuk menjadi bagian yang tak terpisahkan dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam Inspratruktur pemban guna di Kabupaten Bireuen yang kita Cintai ini,


"Lanjut Bupati Muzakkar, dengan adanya Gedung Serbaguna Kantor Camat Kota Juang, ini Bangunannya sangat kokoh dan letaknya strategis, menjadi menun jang aktifitas Pemerintah Kecamatan Kota Juang." Serta tersedia aula yang luas dan representatif pada lantai dua. Masalah tempat rapat-rapat dinas dengan aparatur desa, sudah dapat diatasinya,"Tegas Bupati Bireuen Muzakkar.


Disamping itu dikatakan Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar, S.Ag., M.A.P, dalam laporannya, Gedung LPTQ tersebut dibangun dua tahap, pada tahun 2019 dan 2020. Total menghabiaskan anggaran sebesar Rp 5,9 miliar lebih.


Sementara untuk Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Kota Juang, dibangun pada tahun 2019. Juga menghabiskan anggaran sebesar Rp 4,8 miliar lebih, yang bersumber dana Otonomi Khusus (Otsus). Sedangkan Fasilitas yang tersedia pada kedua gedung tersebut sangat tergolong lengkap dan memadai," Sebutnya.


Sedangkan Gedung LPTQ terdiri dari tiga lantai. Memiliki halaman depan, belakang dan basement tempat parkir kendaraan roda dua berkapasitas muat 20 unit.


Serta lantai satu tersedia lima ruangan yang akan diperuntukkan untuk ruang security, lobby, ruang umum, keuangan dan ruang kepala dinas Syariat Islam.


Sedangkan di lantai dua, terdapat delapan ruangan yang akan diperuntukkan untuk ruang rapat, ruang kerja bidang, gudang dan 1 mushalla laki-laki dan 1 mushalla perempuan, urainya.


Sementara di lantai tiga terdapat 10 ruangan, delapan ruangan diperuntukkan untuk ruang inap, satu ruangan untuk ruang belajar/makan dan satu ruangan untuk tempat jemuran
.

Dalam ruang inap, tersedia 22 unit ranjang bertingkat, dengan 44 set kasur/bad. Seluruh ruangan dilengkapi AC, juga tersedia 17 toilet/kamar mandi.


"Gedung LPTQ ini sangat representatif untuk training center dengan kapasitas 40 orang,.fasilitas pendukung yang belum tersedia dan perlu segera ditanggulangi, yaitu teralis besi dan gorden jendela, sound system untuk aula dan pagar belakang," disebutkan dalam laporannya,


Adapun Gedung Serbaguna Kantor Camat Kota Juang, dilaporkannya, terdiri dari dua lantai. Lantai pertama seluruhnya diperuntukkan untuk ruang kerja, sedangkan lantai dua tersedia aula sangat representatif untuk pertemuan dengan seluruh perangkat gampong dalam Kecamatan Kota Juang. Aula tersebut juga dapat digunakan untuk keperluan masyarakat lainnya. Hanya saja, pagar untuk seluruh bagian halaman gedung yang belum ada dan perlu dibangun segera.


Peresmian kedua gedung tersebut dalam waktu bersamaan di satu tempat, juga disertai dengan peusijuek oleh Tgk. H. Muhammad Ishak atau Abon Cot Tarom, selaku Pimpinan Dayah Darussa'adah Cot Tarom Baroh, Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen.


Anwar juga menyampaikan di samping itu sedang menyiapkan even MTQ yang ke 35 tingkat kabupaten, serta melakukan pembinaan untuk lima gampong percontohan dan kepada gampong percontohan diberikan bantuan berupa satu unit sound system portable dan 22 sajadah.


"Gedung LPTQ ini akan menjadi tempat mengembangkan kemampuan para qari di Kabupaten Bireuen sebagai persiapan menuju MTQ tingkat provinsi Aceh dan Nasional,


Bantuan yang diserahkan untuk lima Gampong percontohan Syariat Islam, yaitu Desa binaan DSI Bireuen. Diantaranya, Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Simpang Mamplam,  Gampong Meunasah Tunong, Kecamatan Peudada, Gampong Weu Jangka, Kecamatan Kuala, Gampong Leubu Cot, Kecamatan Makmur dan Gampong Bugak Krueng, Kecamatan Jangka, "Ungkap Kepala DSI Bireuen dalam Laporanya.


Amatan Media ini Pada acara peresmian dua gedung tersebut, turut dihadiri Plt. Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen. Mangantar Siregar, SH, Kapolres Bireuen. AKBP Taufik Hidayat, SH., SIK., M.Si, beserta unsur Forkopimda, Sekda Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si, Camat Kota Juang Drs Jalaluddin, M.Si dan sejumlah Kepala SKPK dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, peresmian dua gedung tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan, Covid-19.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru