Asisten l Resmi Buka Kegiatan Bimbingan teknis Operator Aplikasi Sistem Informasi Gampong

BIREUEN-Asisten l Bidang Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Sekdakab Bireuen. Zaldi. AP, S. Sos, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Operator Aplikasi Sistem Informasi Gampong (Sigap), TA 2021, acara berlangsung di Aula AAC Ampon Chiek Universitas Almuslim Peusangan, Kamis (1/4/2021).


Adapun Asisten l Sekdakab Bireuen tersebut, yang mewakili Bupati Bireuen. Dr. H Muzakkar A. Gani, SH. MSi. Untuk membuka secara resmi kegiatan
Bimbingan Teknis Operator Aplikasi Sistem Informasi Gampong, yang diselenggarakan oleh BKAD Se Kabupaten Bireuen, bekerjasama dengan Lembaga Aceh Resource And Development, 


Dalam kesempatan tersebut. Asisten I Setdakab Bireuen. Zaldi. AP, S.Sos, membacakan sambutan tertulis Bupati Bireuen. diharapkan setelah pelatihan ini nantinya Pemerintah Gampong paham dalam penggunaan Sistem Informasi Gampong (SIGAP) versi 1.7.5, khususnya operator gampong, sehingga dapat membangun keterpaduan informasi, data, dan layanan dibawah kontrol Pemerintah Kecamatan, Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Aceh.


Selain itu, melalui aplikasi SIGAP ini nantinya diharapkan Pemerintah Gampong sudah bisa melakukan perencanaan berbasis data serta pemanfaatan data untuk layanan kesehatan, Pendidikan, administrasi kependudukan, juga menyangkut dengan layanan surat menyurat di Gampong.


Dan diharapkan Kepada DPMGPKB Kabupaten Bireuen, agar benar-benar mengawal dan mengasistensi Gampong agar kedepan Gampong harus serba cepat, jangan lagi sibuk dengan urusan manual dan harus familiar dengan pemanfaatan tehnologi seperti SIGAP, Siskeudes dan aplikasi lain di gampong" Sebutnya.


"Lanjut Asisten. Zaldi, supaya pemerintah Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi dapat lebih mudah dan cepat mengetahui informasi pembangunan Gampong melalui dashboard yang dibangun dalam aplikasi.


Juga diharapkan kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Bireuen, optimalisasi tim help desk yang sudah terbentuk agar benar-benar maksimal mendampingi operator SIGAP dalam pemanfaatan aplikasi SIGAP di Gampong.


"Kami sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini agar dapat "Melahirkan Gampong Digital Dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi publik," Terangnya.


Sebelumnya. Kepala DPMG-PKB Bireuen, Mulyadi SH, menyampaikan dalam laporanya, Kegiatan pelatihan operator Gampong dalam pemanfaatan Aplikasi SIGAP ini, merupakan amanat dan tindak lanjut dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pada bagian ketiga pasal 86, yaitu Sistem Informast Perdesaan,


Serta bagian dari optimalisasi pelaksanaan Surat Edaran Bupati Bireuen Nomor 100/949/SE/2020 tentang Penerapan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP) di Kabupaten Bireuen.


Pelatihan operator SIGAP ini, difasilitasi melalui Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) se Kabupaten Bireuen, berlang sung selama 10 (sepuluh) hari (1-10/4/2021), diikuti 609 operator gampong,


Selama kegiatan berlangsung peserta di bagi ruang kelas, setiap ruang kelas diisi 23 peserta, serta wajib mengikuti ketentuan protokol kesehatan, yaitu jaga jarak, menggunakan masker dan lain-lain.


Selanjutnya masing-masing kelas akan dilatih dua orang tenaga pelatih yang sebelumnya sudah di ToT kan oleh KOMPAK.


" Tambahnya besar harapan kami bahwa semua peserta yang hadir agar benar-benar mengikuti pelatihan secara serius agar benar-benar menguasai terhadap materi-materi dan praktek penginputan yang diajarkan oleh pelatih dan nantinya Operator Sistem Informasi Gampong (SIGAP) dalam wilayah Kabupaten Bireuen mampu melahirkan Gampong Digital. Dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi untuk masyarakat sebagai mana perioritas Pemerintah Pusat agar tahun 2021 merupak era Desa Digita atau Go Digital," Tegasnya.


Dalam pembukaan kegiatan tersebut, turut hadir, diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB) Bireuen, Mulyadi SH. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Bireuen, M. Zubair, SH.,MH. Kepala Bagian Pemerintahan Bireuen, Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si, Camat Kota Juang, Drs. Jalaluddin, M.Si. Para BKAD dalam Kabupaten Bireuen, Tim Help Desk SIGAP Kabupaten Bireuen, Tim KOMPAK Aceh dan tamu undangan lainnya.


Dan Kegiatan ini dirangkai dengan demo penggunaan vitur layanan administrasi surat menyurat dan penyerahan Berita Acara Serah Terima Akun Aplikasi Sigap.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru