Akibat Dualisme di tubuh PNA Wakil Ketua DPRK Bireuen Tertunda, Akhirnya Abu Suhai Resmi Dilantik

author photoM. Sulaiman
19 Jan 2021 - 01:12 WIB

BIREUEN- Suhaimi Hamid S. Sos, merupakan Politisi Partai Nanggroe Aceh (PNA) Resmi menjabat Wakil Ketua II DPRK Bireuen, yang digelar dalam sidang Paripurna Istimewan, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bireuen pada senin 18 Januari 2021, di ruang sidang paripurna Kantor Setempa.

Akibat dualisme kepengurusan Partai Nanggroe Aceh (PNA), antara kubu pimpinan Irwandi Yusuf dan Samsul Bahri Ben Amiren alias Tiyong tersebut, Pelantikan Suhaimi Hamid selaku Wakil Ketua II DPRK Bireuen sempat tertunda setahun lebih, Akhirnya resmi dikeluar kan Surat keputusan (SK) Gubernur Aceh, ditanda tangani oleh Nova Iriansyah, Nomor 171.11/1709/2020 tertanggal 30 Desember 2020 tentang Peresmian Pengangkatan Wakil Ketua II DPRK Bireuen Suhaimi Hamid S. Sos, ditindaklanjuti Lembaga Legislatif Bireuen.

Namun sebelumnya, dua rekan Suhaimi Hamid  (panggilan akrab Abu Suhai), Rusyidi Mukhtar dari Partai Aceh (PA) dan Syauqi Futaqi, S.Fil.I dari Golkar, sudah lama dilantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua I DPRK Bireuen. Mereka telah menduduki kursi empuk tersebut sejak dilantik pada 22 Oktober 2019 lalu,

Akhirnya Suhaimi Hamid yang akrab disapa Abu Suhai Politisi Partai nanggroe Aceh (PNA) resmi menduduki kursi Pimpinan Lembaga Politik (Legislatif), Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen.

Suhaimi Hamid, mengucapkan Sumpah Jabatan yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bireuen, Zufida Hanum, SH., MH, adapun pada sidang paripurna istimewa tersebut, yang dipimpin Ketua DPRK Rusyidi Mukhtar, S. Sos, wakil ketua l, Syauqi Futaqi, S. Fil.l dan hadir Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH. MSi, pejabat Bireuen, usnur Forkopimda, tamu undangan acara dibatasi dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Setelah prosesi pelantikan, Abu Suhai mengajak semua stakeholders untuk sama sama memperjuangkan pembangunan Bireuen ke arah yang lebih baik "tuturnya.

Disampaikan Bupati Bireuen, Dr, H. Muzakkar A. Gani., M.Si, pada rapat paripurna DPRK Bireuen, dalam rangka pengucapan sumpah wakil ketua ll DPRK Suhaimi Hamid, S. Sos, adapun Peran dan fungsi eksekutif dan legislatif pada hakikatnya merupakan perwujudan aspirasi masyarakat, yang diimplementasikan dalam kegiatan pembangunan secara bertahap, menyeluruh dan berkelanjutan.

Dan kelengkapan para unsur pimpinan di DPRK Bireuen, juga mempengaruhi akselarasi dalam pelaksanaan peran dan fungsi lembaga legislatif ini. Karena itu, Muzakkar mengajak semua unsur pimpinan dan anggota DPRK, agar bersama-sama Pemerintah Kabupaten Bireuen, bekerja dengan hati ikhlas dalam melayani masyarakat.

"Mari bangun sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Bireuen dalam memajukan daerah yang kita cintai ini," ajak Muzakkar.

Dia juga berharap, agar hubungan kerja antara legislatif dan eksekutif, sebagai pemegang dan pelaksana amanat masyarakat yang selaras dan serasi seperti yang telah terbina selama ini, dapat terus dipertahankan dan tingkatkan di masa yang akan datang.

"Atas nama pimpinan daerah, saya mengucapkan selamat kepada Suhaimi Hamid sebagai Wakil Ketua ll DPRK Bireuen, yang baru saja mengucapkan sumpah di hadapan sidang yang mulia," ucap Bupati Muzakkar.

Dalam sambutan Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos menyebutkan,  kami sangat menyakini, warga masyarakat Kabupaten Bireuen ingin melihat dan merasakan pemerintahan yang mereka percayakan, dalam artian eksekutif dan legislatif, mampu mengemban amanat rakyat. Memiliki jiwa dan semangat kerakyatan dan pembangunan, sehingga mampu membaca dan merasakan getaran-getaran hati nurani rakyat.

Rusyidi, mengharapkan akan menjadi daya dorong yang kuat untuk membuktikan bahwa daya kreatifitas berpikir dan berbuat, sebagai bagian dari pengabdian terbaik. Tidak ada kata surut atau berhenti berputar, sampai terwujudnya pembangunan dan kemajuan Kabupaten Bireuen sebagaimana harapan kita semua.

"Dengan sebab itu, kerjasama dalam hakikat kemitraan yang sejajar antara pemerintah daerah dan DPRK Bireuen adalah suatu yang sangat esensial dan prinsipil, untuk selalu kita bangun dan pelihara bersama-sama," tegas pria yang akrab disapa Ceulangiek tersebut.(MS)
KOMENTAR