BUMG Maju Bersama Milik Gampong Seuneubok Lhong Di Resmikan Bupati Bireuen Muzakkar A Gani

BIREUEN- BUMG Maju Bersama Milik Gampong (Desa) Seuneubok Lhong Kecamatan Jeumpa, diresmikan oleh Bupati Bireuen Dr. H Muzakkar A Gani, SH. M, Si, di saksikan sejumlah kepala dinas, puluhan aparatur Pemerintahan Desa dalam kemukiman Paloh dan tokoh Masyarakat setempat.

Peresmian Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Maju Bersama Desa Seuneubok Lhong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen, oleh Bupati Bireuen Dr H. Muzakkar A Gani, SH. M. Si, dilakukan pada kamis 26 November 2020.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si menyebutkan dalam sambutan, pengemukan ternak lembu (Sapi) itu keberadaan BUMG, ini sangat menjadi sejati bagi gampong untuk penggerakan ekonomi masyarakat setempat, itu dituntut BUMG dapat terus berinovasi mengembangkan potensi kerakyatan. "Seperti halnya, yang dilakukan oleh BUMG Maju Bersama Gampong Seuneubok Lhong ini, yang mampu mengembangkan potensi Unit usaha peternakan kambing lokal, jual beli hasil pertanian dan penggemukan sapi, sebut Bupati Muzakkar A Gani. 

Disebutkan lagi,"Bupati Bireuen Muzakkar, dalam kajian, beranjak dari kondisi geografis, Gampong Seuneubok  Lhong, Kecamatan Jeumpa, ini merupa kan lokasi strategis untuk pertanian, perkebunan, dan peternakan, yang pada umumnya mata pencaharian masyarakat sehari hari, bertani, berkebun dan sambilan dalam memelihara untuk penggemukan sapi. "Selain itu, juga mempunyai 8 ha waduk penampungan air sawah yang cukup besar, berpotensi untuk dijadikan sebagai gampong wisata," kata Bupati Muzakkar 

Bupati berharap, kepada gampong untuk dapat memanfaatkan dan mengembang kan BUMG dibidang lainnya. seperti wisata Waduk dan pertanian. Semoga potensi yang di kembangkan oleh BUMG maju Bersama, dapat berkembang dengan baik, sehingga pendapatan asli gampong dapat bertambah pula. "Pemerintah Kabupaten Bireuen  menyambut baik atas Peresmian (Lounching) Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Maju Bersama, Desa Seuneubok Lhong," ucap Bupati Muzakkar.

,"Lanjut Bupati Bireuen menyatakan, komitmennya menanggapi keresahan masyarakat di empat desa dalam Kemukiman Paloh, menyusul rusaknya jalan induk di desa tersebut sekitar 2,5 Km, untuk itu Bupati menjanjikan membangun jalan aspal hot mix tahun 2021, untuk tahap awal sepanjang 1 Km, yang tahun berikutnya akan dilanjutkan sesuai kondisi keuangan Pemkab Bireuen,

Sebelum louncing BUMG Maju Bersama, Bupati Bireuen, turut menyerahkan, alat paska panen pol treser dan mesin pompa Air dari dinas pertanian Kabupaten Bireuen yang diserahkan langsung oleh Bupati Bireuen Muzakkar A Gani, didampingi kadis pertanian Bireuen dan diterima oleh ketua kelompok yang diwakili Keuchik Gampong Seuneubok Lhong.

Sementara itu Bupati Muzakkar A Gani, yang didampingi beberapa SKPK turut meninjau kelokasi Waduk Lhok Batee, yang disebut sebut sangat indah, dan menarik sihingga memiliki pontensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata alam, dan lainnya. Pemkab Bireuen, menyatakan keseriusannya untuk mendatangkan tenaga ahli untuk mendesain waduk tersebut untuk kelak menjadi tempat wisata halal yang dikelola dalam unit usaha BUMG Maju Bersama.

Diakhir dalam sambutan, Bupati Bireuen menyerahkan bantuan alat paska panen pol treser dan mesin pompa air dari Dinas Pertanian Kabupaten Bireuen yang merupakan bantuan dari dinas pertanian setempat, diterima Keuchik Gampong Seuneubok Lhong Kecamatan Jeumpa.

Sebelumnya, Keuchik Gampong Seuneubok Lhong Sudirman Ismail, S.Com menyampaikan dalam sambutan laporannya, sangat berterimakasih kepada Bupati Bireuen Dr. H Muzakkar A Gani, yang telah menyempatkan diri untuk hadir dan meresmikan BUMG Desa Seuneubok Lhong, Keuchik Sudirman Ismail juga menyikapi berbagai persoalan yang sedang dihadapi Pemerintah Kabupaten Bireuen saat ini.

Diantaranya wacana pengurangan penghasilan tetap (Siltap) aparatur Pemerintahan Desa dalam Kabupaten Bireuen. Dia mengaku di beberapa Desa dalam kemukiman Paloh, Kecamatan Jeumpa, merasa tidak ada keberatan dengan wacana tersebut. karena tergantung cara dalam menyikapi dalam pengololaan dana desa di setiap Gampong Masing masing, akui Keuchik Gampong Seuneubok Lhong pada event Louching BUMG oleh Bupati Bireuen.

Menurut Sudurman Ismail, cara menyikapi yang dimaksudkannya, mengingat kebutuhan yang mendesak pada pasca Covid-19 dalam anggaran pemerintah kabupaten Bireuen yang minus pada tahun 2021, karena ia punya keyakinan kebijakan pemerintah di tahun 2021, nanti akan memihak kepada masyarakat banyak. "Kalau kita pandai dalam memngelola dana desa, maka kita akan mengerti pentingnya keadaan yang mendesak, wajib di pilah yang mana lebih penting untuk didahulukan," ucap Keuchik Sudirman.

Untuk itu, ia berharap semua gampong bisa mengembangkan potensi desa untuk bisa dijadikan pendapatan tambahan untuk penunjang penyeleng garaan pemerintah gampong, khususnya dalam hal jerih perangkat gampong, maka tidak ada lagi ribut masalah berkuranya jerih perangkat."Singkat cerita, jangan mengharap apa yang bisa diberikan desa untukku, tapi pikirkanlah apa yang bisa kuberikan untuk desa. Apa yang kita tanam, itulah yang kita hasilkan," pungkas Keuchik Seuneubok Lhong Kecamatan Jeumpa, disambut aplaus para undangan yang hadir.

Menurut Sudirman Ismail, Anggaran Desa sejak Ia  menjabat Keuchik pada akhir tahun 2018, Tahun 2019 dari dana desa sebesar Rp. 752,675.000, yang dijabarkan untuk penyertaan modal BUMG Rp 343.000.000, dengan unit kegiatannya meliputi perternakan kambing Rp 100 juta pada tahun 2019, unit usaha jual beli hasil bumi 30 juta. Keuntungan BUMG tahun 2019 sebesar Rp 7.300.000, dari hasil jual beli hasil bumi, walau dengan angka yang kecil, dan begitupun pihaknya tidak patah semangat dalam mengupayakan lebih banyak lagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena sebelumnya,  terkendala tidak berani bertindak dalam mengelola anggaran.

Sementara pada tahun 2020, dan unit usaha penggemukan sapi, tahun 2020 senilai Rp 213.000.000. sedangkan sisa dana lainnya untuk penyelenggaraan pemerintahan gampong sebesar Rp 306.000.000, yang mencakup pembangunan gampong Rp 282.000. 000, pemeberdayan Rp 50.000.000 dan  Pembinaan masyarakat Rp 121.000.000, maupun BLT. Yang dijabarkan lebih besar kepada Bantuan lansung tunai dengan penerima manfaat 100 KK kepala keluarga dengan jumlah 355.000.000," Tegas Keuchik Gampong Seuneubok Lhong.

Lounching BUMG Maju Bersama milik Desa Seuneubok Lhong turut dihadiri Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si, Kadis PUPR, Fadli Amir, Kadis Pertanian, Muhammad Nasir, Kadis Pemuda Olah Raga dan Pariwisata, M Nasir Muhammad A Muttaqim, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Liza Rozanna, Kasatpol PP dan WH, Chairullah serta Kepala SKPK lainya, Camat Jeumpa, Tarmizi, ST dan unsur Forkopincam Jeumpa, Mukim Paloh, Anwar Thaleb dan berbagai elemnen masyarakat lainnya.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru