Pemkab Pijay Dukung Sepenuhnya Perkembangan Dayah dan Balai Pengajian

author photoKherry Leib
1 Sep 2020 - 13:56 WIB

PIDIE JAYA - Kabupaten Pidie Jaya merupakan Kabupaten yang baru lahir di Aceh namun perkembangan Dayah dan Balai pengajian Alhamdulillah terus berkembang dalam hal ini sangat mengharapkan dukungan semua pihak terutama dari Kanwil Kementrian Agama berkaitan dengan kelancaran proses belajar mengajar, sarana dan prasarana di Dayah dan balai pengajian.

Wakil Bupati H.Said Mulyadi, SE.MSi dalam sambutannya di acara Wisuda Perdana Lulusan Dayah Misbahudh Dhulam Al - Aziziyah, Dusun Blang Gapu, Bandar Baru, Pidie Jaya Selasa 01/09/2020)mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi Pengembangan Dayah serta balai pengajian dalam wilayahnya.

Namun demikian Wakil Bupati juga sangat mengharapkan dukungan dari Kanwil Kementerian Agama demi kelancaran proses belajar mengajar di Dayah & balai pengajian mengingat Pidie Jaya termasuk Kabupaten yang baru lahir di Aceh butuh dukungan Dana, sarana, prasarana dari Kanwil sangat diharapkan.

Dalam kesempatan yang sama Pimpinan Dayah setempat, Tgk. H. Asbahani Sofyan S.Sos, MM menjelaskan Dayah dibawah asuhannya mengadopsi dua kurikulum dari Departemen agama dan Umum.

Jumlah pengajar 67 orang sementara jumlah santri 400 orang lebih, jelas Abi Panggilannya dikalangan santri.

Tgk. Amirullah, panitia juga guru pengajar setempat pada media menjelaskan Wisuda tahap pertama tahun 1442H/2020M tingkat SMP berjumlah 22 orang, SMA 20 orang.

Selain mewisuda lulusan juga ada acara pembagian hadiah untuk juara terbaik di bidangnya.

"Ini wisuda kali pertama di Dayah Misbahudh Dhulam Al- azziyah sejak berdiri pada tahun 2016 lalu berjumlah keseluruhan 42 orang dari SMP dan SMA,semoga tahun depan bisa melakukan hal yang sama dengan jumlah yang lebih banyak lagi," katanya

Lanjut Tgk Amirullah, "kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk membangun sarana tempat belajar dan asrama juga prasarana lainnya,sehingga proses belajar mengajar lancar tidak terkendala."

Acara wisuda Lulusan Gelombang pertama di dayah setempat dihadiri Wakil Bupati, Pimpinan Dayah Keumala Amal, perwakilan Kakawil Kementrian Aceh,Camat dan para orang tua wali. (KH)
KOMENTAR