Walikota Banda Aceh Resmikan Tempat Isolasi Mandiri Rumah Sakit Meutia

author photoPutri Ulan Dari
24 Agu 2020 - 13:03 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - Walikota Banda Aceh secara langsung meresmikan tempat isolasi mandiri di Rumah Sakit Meutia, Kampung Baru Kota Banda Aceh, Senin (24 Agustus 2020) pagi tadi.

Dalam sambutannya, Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak Mm mengatakan, rumah isolasi mandiri ini sebagai upaya kita dalam penanganan pasien yang reaktif Covid-19, sehingga diharapkan dengan adanya tempat ini dapat dipantau secara maksimal yang tidak bebas berinteraksi dengan masyarakat secara langsung.

"Kita memberi apresiasi secara langsung kepada Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan semua pihak yang terlibat atas berlangsungnya peresmian tempat isolasi mandiri Kota Banda Aceh dalam rangka mengurangi menularnya wabah Covid-19," ujarnya.

Aminullah juga menyampaikan,
masyarakat juga dapat terus mematuhi protokol kesehatan sehingga diharapkan kedepan yang mempunyai gejala ringan maupun masyarakat yang baru saja melakukan perjalanan ke daerah zona merah Covid-19 bahkan alami kontak dengan pasien positif agar dapat melakukan isolasi mandiri guna mencegah penyebaran virus agar tidak semakin meluas.

"Hingga saat ini pasien covid-19 Banda Aceh mencapai 200 lebih masih dalam perawatan tentunya hal ini juga perlu lebih kita perketat lagi pelaksanaan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan jauhi kerumunan," ungkapnya.

Aminullah juga menyampaikan, melalui hasil rapat Forkopimda yang juga selaku gugus tugas covid-19 sudah melakukan uji coba sekolah, tetapi hingga saat ini angka covid-19 masih alami peningkatan dengan adanya saran dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar tunda dulu sampai memasuki zona kuning serta mengikuti petunjuk selanjutnya dari Pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman SKM MKes mengatakan, penularan virus di kalangan masyarakat masih terus terjadi, hal ini tentunya pemerintah kota juga tak henti-hentinya meningkatkan masyarakat agar lebih memperketat protokol kesehatan.

"Berlangsungnya peresmian tempat isolasi mandiri ini bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar bersedia di rawat dan menjalani isolasi, bahkan yang termasuk OTG juga dapat isolasi mandiri di rumah sesuai ketentuan dari Puskesmas," ujarnya.

Lukman juga menghimbau, seluruh masyarakat kota Banda Aceh agar selalu menerapkan pola hidup sehat guna menjalankan protokol kesehatan sesuai prosedur, jika terdesak harus keluar selalu gunakan masker, membawa hand sanitizer dan selalu jaga jarak. (Ulan)
KOMENTAR