PANTEUE SUBRA Pentaskan Kesenian Daerah di Banda Aceh

THE ATJEH NET, BANDA ACEH – Panggung gembira (Panteue Subra) akan hadirkan pertunjukan seni budaya daerah, sebagai program yang sangat ditunggu oleh seniman dari kabupaten maupun kota luar Banda Aceh, Rabu (11/3/2020).

Agenda Panteue Subra dengan penampilan antaranya, Seumapa dari Pidie Jaya oleh Sanggar Seumapa Narit Maja, Musik Etnik dari Aceh Utara oleh Sanggar Bungong Rimba, Seudati dan Ratoh Jaroe dari Aceh Utara oleh Sanggar Babah Rot, Tari Ploh Bron dan Rapai Bubee dari Pidie Jaya oleh Sanggar Labang Donya. 

Selain menghadirkan kesenian daerah, panitia penyelenggara juga menyuguhkan pertunjukan sastra berupa baca puisi oleh penyair Zulfikar (Zulkirbi) dan Muhrain.

Dominasi kesenian daerah yang dipertunjukkan kali ini sekaligus menjadi apresiasi tinggi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh terhadap karya seni budaya Aceh dari dua kabupaten yaitu Aceh Utara dan Pidie Jaya.

Para syeh yang terlibat dalam pertunjukan sanggar-sanggar daerah tersebut antaranya; Syeh Zakaria Ilyas, Syeh Usman RB, Syeh Husni serta syeh Fahriza.

Agenda panggung gembira dengan maksud merayakan kesenian daerah ini juga sekaligus membuka even perdana seni budaya yang akan dilangsungkan tanggal 14 Maret 2020, Sabtu malam di UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh.

Catat tanggal acara tersebut untuk tidak ketinggalan menyaksikan langsung bagaimana kesenian daerah yang masih terpelihara baik dan dimainkan oleh seniman-seniman khas yang selama ini berpentas produktif di kampung-kampung dan area publik kabupaten masing-masing.

Tentu semangat kerinduan kepada kampung halaman oleh publik yang menetap di Banda Aceh dapat sedikit terobati dengan menghadiri acara Panteue Subra, berikut jadwal dan lokasinya.(rill/Ulan)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru