Pantai Krueng Geukuh, Fenomena Pantai di Balik Pelabuhan

Memang tak aneh jika banyak dijumpai pantai eksotis di Aceh Utara, karena daerah ini berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Pantai Krueng Geukuh merupakan sedikit contoh dari barisan pantai yang tersebar di kabupaten ini.

Pantai Krueng Geukuh merupakan pantai yang cukup populer di Provinsi Aceh khususnya masyarakat sekitar Aceh Utara dan Lhokseumawe. Keistimewaan tempat wisata ini terletak pada pasir pantainya yang selalu terjaga kebersihannya. 

Hal ini tak lepas dari kesadaran masyarakat sekitar yang sangat mementingkan kebersihan. Selain itu, di pantai ini wisatawan juga bisa menemukan fenomena sunset yang memukau.

Pantai Krueng Geukuh berada pada Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Untuk menuju ke pantai ini wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 56 kilometer atau melakukan perjalanan selama kurang lebih satu setengah jam dari Lhoksukon. Namun jika wisatawan datang dari Lhokseumawe, maka jarak tempuh pun cukup dekat hanya sekitar 30 menit saja.

Terdapat beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan wisatawan untuk menuju ke Pantai Krueng Geukuh ini. Tersedia transportasi umum seperti bus, angkot atau yang sering disebut labi-labi, becak motor dan juga taksi. Selain itu wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan memilih jalur Medan-Banda Aceh.

Ketika wisatawan tiba di lokasi Pantai Krueng Geukuh, maka akan tersaji sebuah panorama pantai dengan pasir putihnya yang bersih dan lembut. Mata pun seolah tak ingin mengalihkan pandangan dari indahnya pantai ini. Pengunjung bisa sepuasnya bermain diatas hamparan pasir putih serta merasakan sensasi saat kaki-kaki memijak lembutnya pasir pantai.

Keindahan dari pantai pun seolah dipercantik dengan kondisi air laut yang cukup tenang. Gelombang ombak di pantai ini juga tak begitu besar, sehingga wisatawan bisa dengan aman bermain ditepian laut atau berenang. Deburan ombak yang tenang sesekali menerpa tepian pantai, menciptakan suasana damai sehingga tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan.

Didekat Pantai Krueng Geukuh telah dibangun sebuah pelabuhan dengan skala internasional. Pelabuhan ini sering dijadikan sebagai tempat lalu lalang kapal dari berbagai negara. Keberadaan pelabuhan ini juga menjadi salah satu faktor penting dalam kemajuan industri di Aceh. Tak hanya itu, adanya pelabuhan juga menjadi potret tersendiri yang seoalah menambah keindahan pantai.

Pasir di pantai ini memang terkenal bersih serta bebas dari sampah, hal ini karena kesadaran warga sekitar tentang pentingnya kebersihan. Tak jarang, warga mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai pada waktu tertentu. Nelayan pun tak mau kalah dalam menjaga kebersihan pantai, bahkan mereka rela berlayar dengan perahu tradisional sehingga tak mencemari keindahan pantai.

Masyarakat dan nelayan sekitar juga dikenal ramah kepada wisatawan yang datang baik dari dalam kota maupun luar kota. Tak jarang, pengunjung akan diajak bercengkrama serta saling tukar pikiran. Bahkan wisatawan yang datang di pantai juga bisa membeli langsung ikan hasil melaut dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga pasaran.

Pesona yang dimiliki oleh Pantai Krueng Geukuh ini memang sangat layak untuk dikagumi. Keindahan pasir pantai, serta air lautnya yang cukup tenang dan jernih menjadikan tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin refreshing serta sekedar menghilangkan stres.

Selain itu, tak jauh dari objek wisata pengujung akan menemukan banyak warung serta restoran yang menjual berbagai makanan khas Aceh. Terutama olahan laut yang memang menjadi komoditas utama disekitar Pantai Krueng Geukuh ini. Tak ada salahnya usai menikmati indahnya pantai, wisatawan mengisi perut dengan berwisata kuliner. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru