Deteksi Dini Kanker Payudara, RSU Cut Meutia Aceh Utara Adopsi Alat Mamografi Canggih

ACEH UTARA - RSU Cut Meutia telah melangkah maju dalam upaya deteksi dini kanker payudara dengan mengadopsi teknologi terbaru. RSUCM kini menggunakan alat mamografi canggih yang dapat mendeteksi kelainan pada payudara, mulai dari kanker, tumor, hingga kista.

Proses pemeriksaan payudara dilakukan dengan sinar X dosis rendah, memberikan keamanan tambahan bagi pasien. Plt. Direktur RSU Cut Meutia, Zulfitri, SKM M.Kes melalui Humasnya, dr. Harry Laksamana, Rabu (24/4/2024) menjelaskan, alat mamografi yang digunakan saat ini sudah bersifat digital, menghasilkan hasil pemeriksaan yang lebih akurat dan efisien.

Alat mamografi ini telah digunakan sejak diresmikan pada 1 Agustus 2023, oleh Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, M.Si, bersamaan dengan MSCT 64 slices Siemens Somato 60 All.

"Kami menggunakan GE Mammography DBT untuk mendeteksi kanker payudara, alat ini efektif dalam deteksi dini, memberikan manfaat besar dalam pencegahan," kata Harry Laksamana.

Ia menegaskan, penggunaan alat kesehatan canggih seperti GE Mammography DBT membutuhkan tenaga medis yang terampil dan profesional. Operator alat haruslah telah menjalani pelatihan khusus dalam menggunakan alat tersebut.

"Kita punya dua dokter ahli bedah Subs spesialis onkologi dan beberapa perawat dan ahli radiografi terlatih yang siap menerima pasien yang membutuhkan pelayanan dan rujukan untuk pelayanan Mammografi," papar Kabag Humas RSUCM. 

Peran tenaga medis yang terampil sangat penting, bukan hanya dalam mengoperasikan alat dengan benar, tetapi juga dalam memberikan pelayanan yang ramah kepada pasien.

"Pasien sering merasa cemas saat menjalani pemeriksaan dengan alat canggih seperti ini, sikap dan perilaku tenaga medis dapat sangat mempengaruhi pengalaman pasien," ujarnya.

dr. Harry Laksamana menambahkan, penting untuk memastikan tenaga medis yang menggunakan alat kesehatan canggih telah mendapatkan pelatihan yang memadai dan terus diperbaharui sesuai perkembangan teknologi.

Sikap dan perilaku mereka dalam memberikan pelayanan kepada pasien juga terus ditingkatkan melalui program pembinaan dan pelatihan. RSU Cut Meutia berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik  dalam setiap pemeriksaan. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru