Terkait Siswa SDN 5 Peudada Belajar di Lantai, Begini Respon Kadisdikbud Bireuen

BIREUEN, Bicara layak tentu sangat jauh dari kata kelayakan, sungguh sangat miris, Proses Belajar dan mengajar para Siswa dan Siswi, masih dilantai beralas tikar di Sekolah SD Negeri 5 Paya Beunot Kecamatan Peudada, Alhamdulillah Respon cepat Kadisdikbuq  Kabupaten Bireuen untuk menindaklanjuti dan langsung turun meninjau kondisi sekolah tersebut. Jum'at 15 September 2023.

Sebelumnya, Buntut pemberitaan media ini terkait buruknya fasilitas pembelajaran di SD Negeri 5 Peudada, sehingga ada siswa pada sekolah tersebut harus duduk di lantai, akibat ketiadaan kursi dan meja, langsung disikapi serta ditindaklanjuti Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen, Muslim M.Si dengan turun langsung meninjau kondisi sekolah itu.
Tesk Foto: Kadisdikbuq Bireuen Muslim. M. Si saat meninjau langsung kesekolah SDN 5 Peudada.

Pagi ini, rombongan pejabat dinas terkait didampingi anggota DPRK Bireuen, meninjau SD Negeri 5 Bireuen yang dilaporkan dalam kondisi memprihatin kan. Setelah bertemu Plt Kepala Sekolah, Sri Mulyati S.Pd diketahui penyebab kelas 1 belajar di lantai, karena adanya penambahan siswa baru sebanyak 15 orang, sedangkan kelas enam yang telah lulus 10 orang. 

Muslim saat dihubungi awak media ini via selulernya Jum'at 15 September 2023 mengaku, persoalan tersebut tak pernah dilaporkan ke dinas karena Kepsek baru-baru ini mendapat musibah, suaminya meninggal dunia dan masih dalam suasana duka. 
Tesk Foto: Kepala Dinas Pendidikan Bireuen. Muslim. M. Si bersama Pihak Sekolah SDN 5 Peudada.

"Kami sangat terkejut ada kondisi sekolah seperti itu di Kabupaten Bireuen, pasalnya belum ada pihak sekolah yang melaporkan kekurangan mobiler selama ini," ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen itu.

Menurutnya, kendati dengan keterbatasan anggaran yang tersedia, namun pihak dinas selalu berupaya maksimal untuk memenuhi sarana dan prasarana disetiap satuan pendidikan, guna mengantisipasi kekurangan mobiler maupun fasilitas lainnya. 

"Untuk mengatasi persoalan ini, kami akan melakukan langkah cepat dengan meminjam pakai mobiler dari sekolah lain yang belum terpakai, guna untuk mendistribusikan ke SDN 5 Peudada mulai Sabtu besok," jelas Muslim. 

Sebelumnya, Media Ini telah menerbitkan Berita Siswa SDN 5 Peudada Belajar di Lantai, dengan Judul Jauh dari Kata Layak, Siswa SDN 5 Peudada Belajar di Lantai"
Tesk Foto: Proses Belajar mengajar Siswa-Siswi SDN 5 Peudada di Lantai.

Dengan narasi berita.

Bicara layak tentu sangat jauh dari kata kelayakan, sungguh sangat miris, Proses Belajar dan mengajar para Siswa dan Siswi, masih dilantai beralas tikar di Sekolah SD Negeri 5 Paya Beunot Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen.
Aktivitas ngajar mengajar Sekolah SD Negeri 5 Peudada desa Paya Beunot. Kabupaten Bireuen sangat memprihati kan, pasalnya rumah sekolah yang berdiri puluhan tahun tersebut masih ada anak murid yang belajar diatas lantai yang beralaskan tikar.  

Pantoan media ini di lokasi Sekolah yang sudah lama dibangun oleh pemerintah Kabupaten Bireuen, terdapat satu ruangan kelas yang di isi belasan murid terpaksa harus belajar di atas lantai karena tidak tersedianya fasilitas kursi dan meja belajar. 
Tesk Foto: Kondisi Bangunan Sekolah SD Negeri 5 Peudada sangat memprihatinkan.

Kondisi sekolah jauh dari kata layak,  Beberapa kursi yang telah lapuk dan reyot masih terpaksa digunakan, terlalu miris melihat anak-anak disana harus belajar sambil tengkurap di lantai.

Pasilitas sekolah sangat terbatas meraka sangat membutuhkan mobiler untuk memaksimalkan aktivitas ngajar mengajar dalam peningkatan kualitas murid.

" sebelumnya, Plt Kepala SDN 5 Peudada bersama guru sudah mengumpulkan kursi-kursi yang telah reyot untuk merehab. Namun kuota tersebut tidak mencukupi, Akhirnya terpaksa aktivitas belajar mengajar diatas lantai" 

"Mereka sangat menginginkan siswa-Siswi ini lebih nyaman mendapatkan bantuan seperti mobiler, kursi serta meja mereka lebih fokus untuk belajar. Kita lihat saja sesak rasanya kita sangat berharap kepada pemerintah Bireuen, dapat membantu mengatasi hal ini, karena kasihan anak-anak belajar tanpa kursi dan meja," Ucap Plt Sri Mulyati pada Kamis (14/9/2023).
Tesk Foto: Plt Kepala SDN 5 Peudada. Sri Mulyati. S. Pd

Terkait Kadisdikbuq Bireuen telah merespon cepat, menindaklanjuti serta langsung turun meninjau kondisi sekolah tersebut, Kepada TheAtjehNet. Plt Kepala SD Negeri 5 Peudada. Sri Mulyati. S. Pd  Jum'at 15 September 2023 menyampai kan, ucapan terimakasih dan sangat mengapresiasikan langkah cepat dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen dalam menyikapi kondisi sekolah SDN 5 Peudada ini, diharapkan persoalan siswa belajar di lantai dapat segera teratasi, Alhamdulillah hari ini Kadisdikbuq Bireuen bersama rombongannya telah melihat kondisi secara langsung," ucap Plt Kepala SDN 5 Peudada itu dengan nada punuh harapan dan rasa bersyukur,

Terimakasih dan Apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen bapak Muslim serta rombongan."Ungkap Sri Mulyati.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru