Faisal ST: Keuchik Mane Tunong Berhasil Lolos di Presentasi Potensi Gampong Tingkat Nasional

ACEH UTARA- Keuchik Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu, Faisal, ST salah satu dari sekian banyak Keuchik di Kabupaten Aceh Utara yang berhasil lolos dan ditetapkan sebagai peringkat tiga besar lomba desa (Gampong) tingkat Nasional.


Keuchik Faisal, ST Setelah dinyatakan lolos dan ditetapkan sebagai peringkat tiga besar lomba desa (gampong) tingkat regional, presentasi potensi gampong (Desa) di kementerian Republik Indonesia, Selasa 8 Agustus 2023.

Pada kesempatan itu, Keuchik Mane Tunong Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, Faisal, ST digelara tersebut terut didampingi Pejabat Bupati Aceh Utara, Dr, Drs. Muhyuzar, M.Si

Acara tersebut berlangsung di Lantai IV Gedung Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Faisal dengan lancar menceritakan dihadapan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2023, sebagaimana Potensi Desa yang di pimpin saat ini,
Dihadapan Ketua Tim Penilai, Eko Prasetyanto Purnomo Putro, Keuchik Faisal, ST, menyebutkan, tentang usaha gampong dalam menghadirkan BUMG menjadi wadah bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan tetap. dilakukan dengan bermanfaat, segala potensi yang ada dan sebagai upaya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin.

Didepan, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri itu juga Keuchik Faisal turut menceritakan, Gampong Mane Tunong telah berhasil melakukan percepatan penekanan angka stunting, di mana saat ini berstatus' zero stunting', yang dilakukan dengan pola jemput bola, memantau, menindak dan mengantisipasi warganya dari segala penyakit secara langsung.

Lebih lanjut dikatan, Keuchik Faisal, pekerjaan di Gampong Mane tunong turut dibantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Muara Batu dan bidan desa serta dokter.

Sedangkan persentasi Gampong Mane tunong, kata Faisal, berbagai kegiatan keagamaan yang diinisiasi di sana meliputi kegiatan bertajuk Gampong Mengaji, yaitu berupa majelis taklim, pengajian rutin serta lainnya.

Selain kegiatan pengajian di Gampong Mane tunong juga telah mendirikan Baitul Mal Desa untuk kegiatan sosial kemasyarakatan dan mengusung peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Setelah mendengar pemaparan tentang potensi Gampong Mane Tunong, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Regional, Eko Prasetyanto Purnomo Putro, menyampaikan apresiasi terhadap keberhasilan Gampong Mane Tunong yang mewakili Provinsi Aceh untuk masuk ke lomba desa tersebut.

"Dengan proses dan tahapan yang tidak begitu mudah, kami dari tim penilai, memberi nilai yang sangat objektif terhadap proses ini. Semoga Mane Tunong menjadi yang terbaik dikemudian nanti," ucap salah satu anggota Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Regional,

Adapun pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, didampingi Kadis DPMG-Aceh Dr Zulkifli, MSi, Kadis DPMPPKB Aceh Utara Fakruradhi, SH, MH, dan Camat Muara Batu Munawir, SSTP, MSi, dalam pemaparan tersebut turut memberikan informasi tambahan dihadapan Tim Juri, bahwa Aceh Utara yang jumlah desanya mencapai 852 desa, selama ini tercatat dengan angka stunting yang tinggi. Akan tetapi untuk Gampong Mane Tunong angka stuntingnya zero alias nol, begitu juga dengan angka kemiskinan ekstrem.

Tambah Pj Bupati Mahyuzar, Baitul Mal Desa yang dikelola oleh Gampong Mane Tunong dapat menjadi best practice bagi gampong-gampong lain di Aceh.

"Kami sangat mengharapkan Mane Tunong ini salah satu desa yang menjadi contoh dan lokomotif serta model dalam membangun gampong di Kabupaten Aceh Utara," ungkap Pejabat Bupati Aceh Utara itu.(Rel)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru