Hari ini, Ketua DPC Gerindra Aceh Utara Ikut Seleksi Baca Al-Qur'an di KIP

LHOKSUKON — Ketua DPC Partai Gerindra Aceh Utara dan Bacaleg Partai Gerindra, Selasa (6/6/2023), mengikuti tahapan seleksi baca Al-Qur'an di kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten setempat. Tahapan baca Al-Qur'an ini secara prosedural dibuka KIP sejak hari ini hingga tanggal 8 Juni 2023.

Ketua DPC Aceh Utara Partai Gerindra H Anwar Risyen didampingi sekjen partai dan timnya hadir di kantor KIP pukul 13.30 WIB untuk mengikuti seleksi baca Al-Qur'an tersebut. Sejumlah bacaleg partai lainnya dari daerah pemilihan Aceh Utara 1 dan Aceh Utara 6 juga mengikuti seleksi baca Al-Qur'an  hari ini.

"Saya selaku Ketua Gerindra Aceh Utara hari menfasilitasi teman-teman bacaleg Partai Gerindra khususnya dapil 1 dan 6 untuk mengikuti tes baca Al-Qur'an. Sebelumnya, Kita juga membimbing dan Kita panggil satu persatu di kantor partai untuk tes baca Al-Qur'an dan Alhamdulillah semua bacaleg Kita bisa baca Al-Qur'an. Umumnya kalau di Aceh insya ALLAH semua pasti bisa baca Al-Qur'an," ujar H Anwar Risyen di Lhoksukon.

Sementara itu, Ketua Teknis Penyelanggara di KIP Aceh Utara, M Sayuni saat dikonfirmasi menyampaikan, tahapan seleksi baca Al-Qur'an tersebut pertama dibuka hari ini tanggal 6 Juni hingga tanggal 8 Juni 2023 dan akan diikuti oleh 979 bacaleg se Aceh Utara.

M Sayuni menyebut, untuk tanggal 6 Juni jumlah bacaleg yang dijadwalkan untuk mengikuti baca Al-Qur'an yaitu sebanyak 353 orang bacaleg dengan rincian dapil Aceh Utara 1 sebanyak 154 orang dan dapil Aceh Utara 6 sebanyak 199.

Sementara bacaleg dapil Aceh Utara 4 sebanyak 169 orang dan dapil Aceh Utara 5 sebanyak 154 orang akan mengikuti pada tanggal 7 Juni. Terakhir yaitu tanggal 8 akan diikuti oleh bacaleg dapil Aceh Utara 2 sebanyak 136 orang dan dapil Aceh Utara 3 sebanyak 167 dengan total 303 orang.

Disampaikan M Sayuni, dasar hukum tes baca Al-Qur'an terhadap Bacaleg tertuang dalam Qanun Aceh Nomor 3 dan Keputusan KIP Aceh Nomor 37 Tahun 2023. Beberapa hari lalu, kata M Sayuni, pihak KIP juga telah mensosialisasikan hal ini kepada para pengurus partai politik pada rapat koordinasi.

"Hari ini juga ada Partai yang menyurati Kita bahwa ada bacaleg-nya yang berhalangan hadir dan juga Kita telah menyampaikan nanti tes baca Al-Qur'an dapat dilanjutkan pada tanggal akhir yaitu tanggal 11 hingga tanggal 12 Juni mendatang," kata M Sayuni.

M. Sayuni berharap kepada para bacaleg agar dapat mengikuti serangkaian tes untuk melengkapi kebutuhan administrasi sebagai mana yang telah diatur dalam peraturan KIP.

Pantauan media, selain Bacaleg Partai Gerindra, bacaleg partai politik lainnya pada sore tadi juga terus berdatangan ke kantor KIP untuk memenuhi administrasi tes baca Al-Qur'an.[]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru