Harapan dan Sejumlah Daerah Dikunjungan Perdana Pj Gubernur Aceh

Aceh Utara - Pj Gubernur Aceh  Achmad Marzuki melakukan kunjungan kerja perdana di Wilayah Korem 011/Lilawangsa. Setelah di Wilayah Aceh Tamiang dan Aceh Timur kemarin, hari ini Minggu (23/10/2022) Mantan Pangdam IM itu mengunjungi Kabupaten Aceh Utara.

Kehadiran Pj Gubernur beserta rombongan turut disambut Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Bayu Permana, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono, PJ Bupati Aceh Utara Azwardi, beserta Forkopimda Kabupaten Aceh Utara.

Disela kunjungannya, Pj Gubernur Aceh menyempatkan meninjau beberapa titik tanggul sungai, perumahan dan kantor Koramil 08/Lsk terdampak banjir di Wilayah Aceh Utara.

Selain itu, Gubernur meninjau lahan persawahan warga Gampong Meunasah Nga dan Gampong Cot U Sibak Kecamatan Lhoksukon Aceh Utara yang Gagal panen akibat Terendam Banjir.

Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki menyampaikan terima kasih kepada pemda Kabupaten Aceh Utara, TNI dan Polri serta Relawan dan Masyarakat bersama menangani dampak banjir beberapa waktu yang lalu, ungkapnya.

Dikatakan Gubernur Achmad Marzuki, dari hasil laporan, terdapat areal persawahan terdampak banjir mencapai 6.776 hektar, gagal panen mencapai 3.611 hektar, namun yang sudah diklaim Asuransi Usaha Tani Padi  (AUTP) sebanyak 314 hektar, dan akan mendapat bantuan benih sekitar 3.297 hektar," terangnya saat diwawancarai.

Marzuki menyebutkan, meskipun sejumlah areal persawahan milik petani terendam banjir, Namun sebagian petani masih bisa mematenkan padi, meskipun harga jualnya Rp 3.500 perkilogram, sedangkan padi kualitas bagus harga Rp 5.500 perkilogram.

Gubernur Achmad Marzuki menerangkan, Dirinya telah menyampaikan kepada pejabat Bupati, dalam bulan ini normalisasi sejumlah titik muara dan tanggul yang jebol segera diperbaiki, sehingga bisa untuk mengatasi banjir di Aceh Utara.

"Kepada semua masyarakat agar mendukung penyelesaian pembangunan Waduk Keureuto, diharapkan di akhir 2023 rampung dapat mencegah dampak banjir, para petani sudah aman bercocok tanam, ketika hujan lebat di pegunungan air bisa tertampung, jadi mohon, ini juga untuk kepentingan rakyat di sini," harapannya.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru