Bawaslu Bireuen Sukses Laksanakan Working Group dengan Lintas Organisasi Pers

BIREUEN- Lintas Organisasi Wartawan Liputan Kabupaten Bireuen mengikuti kegiatan yang di gelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bireuen, dengan Tema Media Working Group, peran Media dalam menangkal Hoax pada Pemilu serentak 2024.


Kegiatan Media Working Group, peran Media dalam menangkal Hoax pada Pemilu 2024 yang di ikuti sejumlah Organisasi Pers liputan Bireuen sukses digelar oleh Bawaslu Kabupaten Bireuen di Aula Hotel Graha Buana di kota Juang Jumat 7 Oktober 2022.


Di sampaikan dalam materi pada pembukaan acara tersebut oleh Ketua 
Bawaslu kabupaten Bireuen, dia mengajak media ikut berperan aktif dalam menang kal informasi hoax (kabar bohong) terkait Pemilu 2024 serentak mendatang. 


Karena Peran media dalam mencegah informasi hoax sangat kita butuhkan pada pemilu serentak diselenggarakan nantik, ajak Ketua Bawaslu Bireuen. Wilda Zacky E.


"Lanjut Wilda, dengan mengupayakan untuk mengantisipasi adanya kabar bohong di kalangan masyarakat pada pemilihan serentak 2022, maka Bawaslu Bireuen sangat memerlukan kerjasama media dalam memerangi Hoax tersebut, sehingga masyarakat tidak terpengaruh dengan informasi bohong, kita berharap informasi dapat disampaikan kepada Masyarakat dengan benar-benar dan sesuai Fakta Yang ada.


Dengan dapat mencegah kabar bohong, ini sangat lah penting disaat pemilu nanti, karena pemilihan umum sangat lah penting dilakukan agar Masyarakat tidak salah arah saat mengambil kesimpulan terhadap sesuatu hal yang berkaitan dengan Pesta Dekmokrasi lima tahun kedepan.


"Begitu pentingnya dalam pencegahan kabar bohong, maka media adalah mitra kerja Bawaslu dalam memberitakan Informasi ke publik dengan benar, supaya masyarakat tidak salah kaprah dalam mengambil keputusan di pemilihan serentak 2024 nanti," Ucap Wilda.


Lanjutnya, kabar bohong biasanya lebih sering muncul melalui media sosial, sehingga apa yang disampaikan lebih cepat meluas. Untuk mengimbanginya, Bawaslu juga telah membuat medsos untuk mengantisipasi adanya informasi hoax nantinya.


Dan Pihaknya tidak bisa berjalan sendiri mengantisipasi hal tersebut, karena kami sangat perlu kerjasama media dalam mengabarkan kebenaran di kalangan Masyarakat luas.


"Kita berharap adanya komunikasi antara Bawaslu dengan media, sehingga menghasilkan informasi yang diterima benar-benar tepat dan sesuai Fakta Yang ada, kita harus dapat mengedukasi masyarakat kearah yang benar dan tidak salah dalam mengambil kesimpulan pada pemilu nanti," Harapnya.

Ketua Bawaslu Bireuen sangat berharap media massa khususnya di Kabupaten Bireuen mampu menyampaikan tugas dan fungsi serta kinerja Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu serentak 2024.


"Media menjadi partner dalam memberi informasi kepada masyarakat terkait Peran bawaslu dalam mengawal Pemilu 2024," demikian Wildan.


Perlu diketahui bahwa. Pers merupakan Pilar ke 4 Setelah sekutif, legeslatif yudikatif, wartawan,


Dalam penelitian Media masih menjadi referensi publik di tengah tumbuhnya media sosial, sarana komunikasi dan persuasi yang lebih mudah dipahami, rubrik politik dan demokrasi masih menjadi primadona, selain olahraga dan ekonomi. Sebagai bentuk media kian beragam dan bersinergi dengan madia sosial, bisa memengaruhi opini publik, maka pers dengan seluruh kekuatannya adalah pengawal demokrasi dan pengawas pemilu yang tangguh sebagai bentuk perubahan konsumen media,


Oligarki perubahan media massa ketua partai pada pemilik media, Independensi Newsroom. Kepentingan ekonomi vs netrialitas. Regulasi yang terus berubah. Sistem pemilu yang rumit nanti."Tutup Ketua Bawaslu Bireuen. Wilda Zacky E.
Usai acara di lakukan dan dilanjutkan dengan Foto bersama.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru