Walikota Lhokseumawe Kampanyekan Pentingnya Merawat Gigi dan Kebersihan Lingkungan

author photoCj Laung
18 Sep 2022 - 10:52 WIB

LHOKSEUMAWE – Pj Walikota Lhokseumawe Dr. Drs. Imran, M. .SI, MA.Cd  mengajak seluruh pelajar dan warga Sekota Lhokseumawe menyukseskan acara Festival PDGI HKGN2022 bakti sosial sikat gigi masal yang bertema "Pulih Bersama Senyum Sehat Indonesia" bersama seluruh anak Indonesia digelar serentak se-Indonesia dimulai setiap tgl 12 September  dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN).

Acara Gebyar puncak peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022 yang digelar oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, berlangsung di Lapangan Hiraq, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Sabtu (17/09/2022).

Momentum puncak HKGN 2022 di Kota Lhokseumawe kali ini berlangsung hikmad, selain disaksikan masyarakat, acara turut diwarnai kemeriahan Festival berbagai pertunjukan, atraksi seni dan budaya dan pelaksanaan edukasi kesehatan gigi dilanjutkan sikat gigi massal oleh ribuan pelajar murid Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Lebih lanjut, Pj Walikota Lhokseumawe Imran juga sangat mengapresiasi kegiatan ini sekaligus menghimbau dan mengajak semua pihak elemen masyarakat khususnya Kota Lhokseumawe,  menyadarkan kembali  untuk mengajarkan sejak dini pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut pada anak, juga senada gayung bersambut sekaligus terus mengingatkan kepedulian masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan agar lingkungan disekitar tetap sehat dan asri.

"Saya ingin Lhokseumawe semangkin maju, kesadaran masyarakatnya ada spirit untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi, bersama-sama pembangunan Kota Lhokseumawe kedepan lebih maju. Diharapkan dengan event-event seperti ini menjadi Barometer, kalau ada eventkan tentunya akan ada aktifitas ekonomi yang berjalan, UMKM pasti maju karena ada tempat dan wadah untuk memperkenalkan produknya, salah satu contoh seperti acara 17 Agustus kemarin, ada warga sampaikan ke saya, adanya acara dua hari, hasil pendapatannya berlipat, ini kan luar biasa," ungkapnya. 

Imran mengharapkan dengan adanya event Festival HKGN PDGI ini, dapat menyadarkan kembali kepada kita semuanya masyarakat Lhokseumawe, akan pentingnya kesehatan. "Kalau gigi itu kesehatan diri, saya minta kesehatan lingkungannya juga, misalnya membuang sampah pada tempatnya, kemudian anak sekolah sudah mulai berpikir bahwa di sekolah untuk mengurangi penggunaan plastik,"

"Ketika berapa kali gotong royong pemeriksaan Kota, ternyata isi drainasenya, isi waduknya sebagian besar adalah sampah plastik. Ini momen untuk berbenah, kita tidak bisa begerak sendiri, diharapkan semua komponen yang ada baik ormas, dari private Sector , instasi swasta, BUMN dan sekolah dengan tugasnya masing-masing dengan segala kemampuannya ayo kita mari  bergerak bersama, termasuk jurnalis dengan segala kemampuannya mempublikasikan terkait kesehatan lingkungan dan lainnya, ikut serta menyadarkan masyarakat, mensosialisasikan,  terkait kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kota Lhokseumawe," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PDGI Aceh Utara-Lhokseumawe, Drg.Dicky Fachriza.,MKM mengatakan, sukses dan lancarnya acara dari antusias anak-anak dan masyarakat kota Lhokseumawe, serta para pendukung yang telah berpartisipasi, umkm yang turut serta memeriahkan acara, sektor swasta, Perbankkan, BUMN dan pemerintah daerah Kota Lhokseumawe yang telah totalitas mendukung kegiatan positif ini.

Drg.Dicky Fachriza menyebutkan, kegiatan event massal yang pertama kali digelar pasca pandemi melanda dikota Lhokseumawe, dengan harapan dengan acara Gebyar Festival ini akan terus berlanjut seterusnya dan sebagai presdiposisi muncul event event besar lainnya digelar dikota Lhokseumawe tercinta.

Selain itu, kata Drg.Dicky Fachriza, HKGN yang diperingati setiap 12 september ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, di Tahun 2022 ini telah berhasil mendapatkan rekor Muri untuk dokter gigi Indonesia sebanyak 701009 orang, dan penghargan ini di Anugerahkan kepada seluruh Dokter Gigi di Indonesia dibawah naungan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia).

Tak bosan-bosannya, Drg.Dicky berpesan kepada pada seluruh masyarakat terutama kepada Orang tua dari anak anak, perannya sangat penting dalam mendidik anak sejak dini, bahwa betapa pentingnya merawat kesehatan gigi pada anak, salah satunya mengajarkan sikat gigi dengan baik kepada anak dua kali sehari, pagi setelah makan, malam sebelum tidur, tujuannya semua elemen masyarakat  mempersiapkan tunas tunas bangsa menyongsong Indonesia emas 2045, pungkasnya.
KOMENTAR