Sekda Aceh Sosialisasi GISA di Aceh Timur

author photoRedaksi
6 Sep 2022 - 22:01 WIB

ACEH TIMUR - Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh dr. Taqwallah, M. kes mensosialisasikan program Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA) di Kabupaten Aceh Timur.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Idi Sport Centre (ISC), Selasa (06/09/2022) dihadiri unsur Forkopimda, kepala OPD, Muspika, ASN, dan para keuchik (kepala desa) dalam Kabupaten Aceh Timur.

dr. Taqwallah dalam paparannya menjelaskan, merujuk Paraturan No.72/2021 stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Yang ditandai dengan tinggi badan berada di bawah standar.

"Penurunan angka prevalensi stunting dilakukan dengan dua intervensi, yaitu intervensi spesifik dan intervensi sensitif," papar Sekda Aceh.

Ia menambahkan, prioritas intervensi GISA yaitu, remaja putri dua intervensi, meliputi pemberian tablet tambah darah dan screening anemia.

Kemudian, tambahnya, untuk ibu hamil tiga intervensi, yaitu pemeriksaan kehamilan, pemberian TTD, dan pemberian makanan tambahan ibu hamil.

"Sedangkan untuk balita lima intervensi, yaitu, pemantauan tumbuh kembang, ASI eksklusif, pemberian makanan tambahan, tatalaksana balita dengan masalah gizi, serta peningkatan cakupan dan perluasan jenis imunisasi,' papar dr. Taqwallah.

Di hadapan ratusan peserta, Sekda menambahkan, pahlawan sukses GISA yaitu, keluarga, keluarga, perangkat desa, Kepsek dan Ponpes, Kapus dan PLKB, Satgas kabupaten/kota, serta Satgas Aceh.

Sekadar diketahui, Pj. Gubernur Aceh menugaskan dr.Taqwallah selaku Ketua Pelaksana melakukan pemantauan GISA ke 23 kabupaten/kota sejak 30 Agustus hingga 13 September 2022.

Sebelum melakukan sosialisasi GISA, Sekda Aceh menyerahkan SK kenaikan pangkat kepada puluhan ASN di Kabupaten Aceh Timur. ().
KOMENTAR