Pimpin Rakor Penyelamatan Ekosistem Danau Toba, Ini Kata Pangdam I/BB

author photoRedaksi
8 Sep 2022 - 09:41 WIB

Medan - Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, memimpin rapat koordinasi penyelamatan ekosistem Danau Toba, acara berlangsung di Gedung AH Nasution Kodam I/BB setempat, pada Rabu (07/9/2022).

Dalam acara rapat, Pangdam Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin  mengatakan, kegiatan pertemuan ini bertujuan memberi gambaran tentang penyelamatan ekosistem khususnya dalam rangka mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas serta upaya mencegah terjadinya fenomena penurunan debit air Danau Toba.

"Output dari rakor ini diharapkan menjadi pedoman bagi stakeholder terkait di kawasan Danau Toba untuk berkontribusi aktif dalam rangka penyelamatan ekosistem Danau Toba dan mencegah terjadinya fenomena penurunan debit air di Danau Toba itu," tutur Pangdam.

Menurut Orang nomor satu di Kodam itu, rapat koordinasi tersebut digelar untuk mencapai kesepahaman para pihak tentang upaya penyelamatan darat, artinya penguatan implementasi penyelamatan perairan daratmenuju ketahanan air kawasan ekosistem Danau Toba yang selama ini terus mengalami degradasi.

"Aksi nyata dari output rakor ini adalah melakukan percepatan dan penanganan dengan melaksanakan regenerasi lahan secara alami, dan penanaman kembali yang diharapkan akan mengembalikan fungsi hutan di kawasan Danau Toba, baik itu untuk kepentingan ekonomi maupun kesehatan," sebut Pangdam I/BB.

Diketahui Danau Toba merupakan termasuk dalam daftar 15 danau prioritas nasional, dengan demikian upaya pengendalian penyelamatan dan mengembalikan kondisi fungsi harus tetap dijaga, salah satunya dengan penghijauan dan pencegahan penebangan liar, sehingga jauh dari kerusakan, dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat secara berkelanjutan. 

Acara rapat turut dihadiri diantaranya, Kapoldasu (diwakili),Sekda Prov Sumut, Danrem 022/PT, para Dadim, para Kapolres dan pihak terkait yang hadir.
KOMENTAR