Ners Rody Isi Kegiatan Motivasi Bintara Remaja Ditsamapta Polda Aceh

author photoRedaksi
15 Sep 2022 - 17:10 WIB

BANDA ACEH - Ketua Umum Yayasan Ners Rody Motivator  (NRM) Aceh, Hj. Ners Rosdiana, SKM, S.Kep,. dipercayakan mengisi kegiatan bertajuk "Motivasi Bagi Bintara Remaja Ditsamapta Polda Aceh Tahun 2022" yang dilaksanakan di Aula Polda Aceh, Banda Aceh, 15 September 2022.

Peserta kegiatan ini adalah 68 personel Polisi di Polda Aceh yang sudah dilantik dua bulan lalu. Sembilan di antaranya adalah anggota polisi wanita (Polwan). Pada umumnya mereka baru menyelesaikan pendidikan tingkat SMA. 

Ners Rosdiana atau akrab disapa Ners Rody menyampaikan materi Revolutioner of Mind. "Ubah cara pikirmu maka akan berubah hidupmu," ujarnya pada acara yang dibuka oleh Dir Ditsamapta Polda Aceh Kombes Pol Misbahul Munawar, SH yang diwakilkan oleh Wadir Ditsamapta Polda Aceh AKBP, Riza Yulianto SE SH.

Ia menambahkan, setiap kesuksesan itu pasti karena Allah Swt. Manusia lebih duluan bisa berjalan dibandingkan berbicara. Artinya, sebagai manusia tidak boleh banyak mengeluh, melainkan berusaha sebaik mungkin. 

"Libatkan Allah dalam setiap rencanamu," imbuhnya.

Lanjut, ada sebuah pola bagaimana bisa mengubah kehidupan yakni bisa karena biasa, biasa karena dibiasakan, dibiasakan menjadi kebiasaan, kebiasaan menjadi karakter, dan karakter mengubah hidupmu.

Otak akan selalu menganalisa untuk mencari kenyamanan. Padahal perubahan harus melewati zona aman terlebih dahulu. Setelahnya baru akan bisa meraik kesuksesan.

Ia menambahkan, manusia bisa melatih kreatifitasnya. Ada dua cara, pertama, tambah, kurang, tiru, ubah, dan kombinasi. Kedua, amati, tiru, modifikasi.
 
Selain itu Ners Rody Mengajak Para Bintara Berdiskusi dengan metode memecahkan masalah (Problem Solving) dari setiap Permasalahan yang dihadapi, lalu disela2 diskusi disajikan Ice Breaking untuk mencairkan suasana agar lebih menyatu dalam berinteraksi antar peserta dan Nara sumber, kemudian disesi akhir ditutup dengan meditasi untuk menginstrospeksi diri.

Hadirnya Ners Rody tersebut diharapkan bisa membentuk pola pikir positif anggota polisi agar menjadi teladan di lingkungan kantor dan di tengah kehidupan masyarakat.

Hal senada disampaikan oleh AKBP, Riza Yulianto, SE, SH,. Katanya, jumlah anggota polisi angkatan tahun ini berjumlah 349 orang. Umumnya mereka baru selesai menempuh pendidikan tingkat SMA. 

"Secara umum mereka baru lulus menjadi polisi. Ibarat telur baru pecah, baru belajar berjalan," ujarnya.

Ia berharap, dengan kegiatan yang diisi oleh Ners Rody peserta dapat melihat dunia lebih luas. [
KOMENTAR