Tingkatkan Peran UMKM di Kecamatan Samudera, Dosen STIE Lhokseumawe Gelar Pengabdian Masyarakat

author photoRedaksi
23 Jul 2022 - 10:04 WIB

LHOKSEUMAWE - Dosen STIE Lhokseumawe kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan kali ini dilakukan di Gampong Beuringen Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Sabtu (22/7).

Kegiatan ini dilakukan bersama mahasiswa prodi Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan yang tergabung dalam kelompok IV KKN Angkatan VIII serta didampingi oleh Wakil Ketua Bidang Akademik STIE Lhokseumawe.  

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ditujukan kepada 10 pelaku UMKM di Gampong Beuringen sebagai mitranya.
Dalam sambutannya, Wakil Ketua Bidang Akademik, Mulia Andirfa, S.E, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih khususnya kepada pihak Gampong Beuringen Kecamatan Samudera dan para pelaku UMKM selaku mitra dalam melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat.

"UMKM sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi lokal pasca covid, " tambahnya.

Maryana, S.E, M.Si, Ak sebagai pemateri pada kegiatan pengabdian ini memaparkan, untuk meningkat peran UMKM dalam masa pemulihan ekonomi pasca covid-19 sangatlah tidak mudah, untuk ada banyak hal yang harus kita lakukan sebagai pelaku UMKM, hal yang paling penting yang harus diperhatikan adalah manajemen dalam UMKM tersebut yang meliputi manajemen keuangan, manajemen Sumber daya Manusia, manajemen produksi dan manajemen pemasaran.

"Untuk menindaklanjut ke-giatan ini, nantinya kami akan membimbing pelaku UMKM secara berkelanjutan, misalnya untuk manajemen keuangan, kami akan membantu mereka dalam hal pembuatan proposal permohonan modal usaha dari pihak ketiga serta kami juga membimbing mereka dalam membuat laporan keuaangan," papar Maryana.

Dalam hal pemasaran, sambung Maryana, kami akan membantu mereka membuat media penjualan secara online dan membuat pamplet nama usaha bagi yang belum memiliki.

Melalui pengabdian masya rakat ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam membenahi usaha yang telah mereka bangun dan dapat memulihkan ekonomi secara perlahan, tutupnya.

Murni pelaku UMKM Dekorasi gampong beuringen yang mengikuti kegiatan tersebut sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi Lhokseumawe. "Kita berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan di desa-desa lain, sehingga kami semua dapat memiliki ilmu untuk memajukan usaha kami. [R]
KOMENTAR