Ratusan Warga Kurang Mampu Ikuti Operasi Katarak Gratis Kodam I/BB

author photoRedaksi
15 Agu 2022 - 05:36 WIB

Medan - Sebanyak 300 masyarakat kurang mampu mengikuti pengobatan gratis operasi katarak, di Rumah Sakit Putri Hijau TK II Jl. Putri Hijau, No.17 Kota Medan. Bakti sosial yang digelar Kodam I/Bukit Barisan itu berlangsung selama Dua hari, Sabtu dan Minggu tanggal 13-14 Agustus 2022.

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si mengatakan, kegiatan yang bertepatan dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-77 Tahun, selain itu juga bertujuan sebagai wujud kepedulian sesama, gerakan peduli kemanusiaan membantu bagi yang membutuhkan.

"Pada momen HUT Ke-77 RI Tahun ini, diharapkan saudara-saudara kita yang mengalami sakit dapat merasakan kemerdekaan itu, mengajak masyarakat yang mengalami buta mata, katarak untuk mengikuti pengobatan gratis hari ini di Rumkit Putri Hijau Medan," sebut Pangdam Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin..

Pangdam menghimbau kepada warga yang mengalami sakit katarak, jangan takut untuk menjalani operasi katarak, sebab, apabila didiamkan nantinya bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, bahkan lama kelamaan bisa menuju kebutaan, tuturnya.

"Dengan terlaksananya kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis yang baru saja kita laksanakan ini, semoga bisa membantu mensukseskan program pemerintah dalam menanggulangi masalah gangguan penglihatan dan kebutaan demi terwujudnya Indonesia Sejahtera," tutup Pangdam I/BB.

Disela acara tersebut, turut dilakukan penyerahan sembako secara simbolis oleh Pangdam Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin kepada 300 warga yang mengikuti pengobatan katarak gratis. Sembako yang berisikan Beras 5 kg, Minyak Goreng 2 liter dan Gula 2 Kg, dengan harapan bisa sedikit meringankan beban masyarakat.

Sementara itu,  pada kegiatan yang sama, Ratman salah seorang warga yang mengikuti program operasi katarak gratis menyampaikan kami masyarakat rasa syukur dan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Kodam I BB khususnya Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si.

"Ya kami sangat bersyukur kali lah bang, kalau nggak ada kegiatan operasi katarak gratis ini, ntah bisa operasi ntah nggak kami operasi, kan biayanya mahal bang, makanya  pas dapat info semalam ada operasi gratis, aku langsung hadir, udah di operasi dapat sembako pulak lagi, luar biasa Kodam I/BB bang", ucap Ratman.

Dalam acara tersebut  turut dihadiri antara lain, Kasdam I/BB, Asrendam dan para Asisten Kasdam I/BB, Wakil Ketua Ikatan Tionghoa Indonesia (INTI) Dr. Indra Wahidin dan Ketua Perdami Medan Mayjen (Purn) Dr. Ben YR, Mars.
KOMENTAR