Hujan Deras, Tiga Kecamatan di Aceh Utara Kebanjiran

author photoRedaksi
27 Agu 2022 - 05:43 WIB

LHOKSUKON — Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Utara pada Kamis (25/08/2022) malam, mengakibatkan tiga kecamatan terdampak banjir. Selain rumah warga terendam air, sejumlah jembatan penghubung antar desa juga mengalami kerusakan.

Data diperoleh, tiga kecamatan terdampak banjir itu yakni Kecamatan Lhoksukon, Cot Girek dan Kecamatan Langkahan. Beberapa rumah warga seperti di Kecamatan Lhoksukon tergenang air dan di Kecamatan Cot Girek juga terlihat ada sebuah jembatan putus, sehingga warga setempat memilih jalan alternatif.

Di Kecamatan Lhoksukon terdapat empat desa yang terdampak banjir akibat luapan sungai Krueng Peutoe yaitu Desa Kumbang LT, Rayek LB, Meucat LT dan Rawa LT. Ketinggian air rata-rata sekitar 30 hingga 50 sentimeter.

Sementara di Kecamatan Langkahan juga terdapat sebuah jembatan penghubung antar Desa Buket Linteung ke Desa Seureukey dan Desa Luboek Pusaka juga mengalami kerusakan parah.

"Kami hari ini tidak bisa pergi ke sekolah, karena jembatan putus. Ini Saya sedang di lokasi jembatan bersama masyarakat di Dusun Luboek Muku," kata Marzuki, seorang Kepala SD di Langkahan.

Menanggapi hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap banjir.

"Saat ini BPBD Aceh Utara secara intens terus melakukan pemantauan di lapangan terutama daerah yang terdampak banjir dan berpotensi banjir. Namun kondisi banjir saat sudah berangsur surut," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Aceh Utara, Ns.Mulyadi, Jumat (26/08/2022).
KOMENTAR