DPRK Lhokseumawe Gelar Paripurna Istimewa, Dengarkan Pidato Presiden Jelang Hari Kemerdekaan

author photoRedaksi
16 Agu 2022 - 17:47 WIB

LHOKSEUMAWE - Ketua DPRK Lhokseumawe memimpin secara langsung Rapat Paripurna mendengar Pidato Presiden Republik Indonesia pada Sidang MPR RI dan sidang bersama DPR RI serta DPD RI Tahun 2022 di Ruang Sidang Gedung DPRK Lhokseumawe, Selasa 16 Agustus 2022.

Ketua DPRK Lhokseumawe Ismail A Manaf yang didampingi oleh Pj Walikota Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, MSi, MA.Cd  Wakil Ketua II,  Sofianus memimpin langsung jalannya Rapat Paripurna tersebut yang diikuti oleh  seluruh anggota DPRK Lhokseumawe, para perwakilan Instansi Vertikan  Sekda, Para Asisten,  Kepala OPD, para Kepala Bagian, Para Camat.

Rapat Paripurna di mulai tepat pukul 9.30, setelah pengetokan palu oleh Ketua DPRK Lhokseumawe seluruh yang hadir langsung mengikuti secara Live jalannya Pidato Presiden RI dalam Sidang MPR RI Tahun 2022.

Dalam Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo menyebutkan fundamental ekonomi Indonesia saat ini masih sangat baik meskipun perekonomian dunia tengah bergejolak. Ekonomi berhasil tumbuh positif di 5,44 persen pada kuartal II 2022 dan neraca perdagangan mengalami surplus selama 27 bulan berturut-turut.

Bahkan pada semester I 2022, surplus neraca perdagangan mencatatkan hingga sekitar Rp 364 triliun.

"Capaian tersebut patut kita syukuri. Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah perekonomian dunia yang sedang bergolak," kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2022, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, inflasi nasional pun juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Jokowi menyebut, angka ini masih jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen, serta jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen. Hingga pertengahan tahun ini, lanjut dia, APBN juga mengalami surplus Rp 106 triliun.

"Oleh karena itu, pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan listrik, sebesar Rp 502 triliun di tahun 2022 ini, agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi," jelas dia.

Kendati demikian, Jokowi meminta pemerintah untuk tetap waspada dan berhati-hati. Meskipun begitu, ia menekankan agenda besar pemerintah harus tetap dilanjutkan untuk membangun Indonesia maju.

Jokowi menjelaskan, tantangan yang dihadapi pemerintah saat ini sangatlah berat. Semua negara di dunia tengah menghadapi berbagai tantangan akibat pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih, perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit, dan juga menghadapi krisis energi, krisis pangan, serta krisis keuangan.

Ia mengatakan, 107 negara terdampak krisis dan sebagian di antaranya diperkirakan akan mengalami bangkrut. Sedangkan sebanyak 553 juta jiwa juga diperkirakan terancam kemiskinan ekstrem serta 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

"Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan," kata dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perlindungan hukum hingga sosial politik untuk rakyat harus terus diperkuat. Selain itu, Jokowi menekankan pemberantasan korupsi juga harus menjadi prioritas utama.

"Perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat. Pemenuhan hak sipil dan praktik demokrasi, hak politik perempuan dan kelompok marjinal, harus terus kita jamin. Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya, tanpa pandang bulu," kata Jokowi dalam pidato di Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Keamanan, ketertiban sosial, dan stabilitas politik adalah kunci. Rasa aman dan rasa keadilan harus dijamin oleh negara, khususnya oleh aparat penegak hukum dan lembaga peradilan," tutur dia.

Selain itu, pemberantasan korupsi, kata Jokowi, terus menjadi prioritas utama pemerintah. Jokowi mengungkap kasus korupsi besar di Jiwasraya hingga Garuda berhasil dibongkar. Tiga kasus korupsi itu diketahui dibongkar oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Demikian juga dengan pemberantasan korupsi terus menjadi prioritas utama. Untuk itu, Polri, Kejaksaan, dan KPK terus bergerak. Korupsi besar di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda berhasil dibongkar, dan pembenahan total telah dimulai. Penyelamatan aset negara yang tertunda, seperti kasus BLBI terus dikejar, dan sudah menunjukkan hasil," jelasnya.

Setelah selesai Pidato Presiden RI, Pimpinan Sidang Puan Maharani  selaku Ketua DPR RI menutup dengan clossing statemen, Sekali Merdeka tetap Merdeka, Dirgahayu RI ke 77 dengan mengetok palu tiga kali pertanda Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 selesai dan dilanjutkan dengan Doa yang dibacakan oleh Imam Besar Mesjid Istiqlah,  KH. Dr. Nasaruddin Umar MA.

Dengan selesainya live sidang MPR RI Tahun 2022, Ketua DPRK Lhokseumawe juga menutup Rapat Paripurna DPRK Lhokseumawe yang berlangsung tertib dan baik, melalui momentum HUT RI ke 77 mari kita meningkatkan semua lini kinerja menuju Kota Lhokseumawe maju dan sejahtera, ujar Ismail. (Adv)
KOMENTAR