BNN Kota Banda Aceh Lakukan Bimbingan Kesehatan mental kepada Residen Penyalahgunaan Narkoba

author photoRedaksi
3 Agu 2022 - 19:17 WIB

Banda Aceh - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh melalui perawat seksi rehabilitasi Ners Rosdiana SKM,S.Kep, dan Fajar Hari Putra, SE
melaksanakan bimbingan kesehatan mental kepada residen/klien penyalahgunaan narkoba di yayasan pusat rehabilitasi narkoba Al-Fatha di desa peulangggahan, kec. kuta raja kota banda aceh.

Kegiatan tersebut didampingi langsung oleh ketua Yayasan rehabilitasi Al-fatha Zulfikar,.

"Kesehatan mental memiliki peran sangat penting dalam kelangsungan hidup residen, oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pencegahan bukan hanya melalui pemberian informasi seputar bahaya narkoba, tetapi juga harus memberikan edukasi tentang bagaimana residen menghadapi berbagai persoalan dan tantangan hidup," jelas perawat seksi rehabilitasi Ners. Rosdiana. 

Upaya pencegahan seperti ini tidak hanya meningkatkan kesehatan mental residen tetapi juga dapat mengurangi jumlah penderita gangguan jiwa, imbuhnya. 

Bimbingan mental merupakan bagian penting dalam mengobati residen pada masa rehabilitasi.

Konseling terhadap residen dalam masa rehabilitasi akan membantu residen untuk mengenali masalah atau perilaku yang memicu ketergantungan tersebut.

Bimbingan mental  bertujuan untuk membantu program pemulihan dalam masa rehabilitasi, seperti memulai kembali perilaku hidup sehat tanpa narkoba, dan dukungan moral dari orang terdekat dan lingkungan sekitar tidak menutup kemungkinan residen dapat kembali beraktivitas normal dan menjalani hidup dengan lebih baik, tutupnya. []
KOMENTAR