Dukung swasembada pangan, Babinsa 28 Dampingi Perani Kelompok Tani

author photoKherry Leib
22 Apr 2022 - 08:45 WIB

PidieJaya - Dalam rangka program ketahanan pangan nasional, Anggota Babisa Kodim 0102/Pidie Babinsa Koramil 28/Meurah Dua, Kopda Zufrika Budianto yang juga pedamping kelompok pertanian, melaksanakan komsos serta pendampingan kepada petani timun yang bergabung dalam Kelompok Tani Geudok Mane Gampoeng Sarah Mane.

"Menanam buah timun tidak terlalu sulit, karena hanya perlu menyiapkan lahan. Bibit timun yang berasal dari biji yang sudah dikeringkan serta pupuk. Bibit tanaman timun yang sudah berumur 20-30 hari perlu perhatian khusus dalam pemeliharaan atau perawatannya. Pemeliharaan yang perlu dilakukan adalah pengendalian gulma pada waktu tanaman masih muda dan menjaga tanaman dari serangan hama penyakit serta yang paling penting menjaga ketersediaan air pada tanaman," jelas Kopda Zufrika Budianto.

Dia menjelaskan bahwa dalam  pendampingan kali ini, dirinya membantu perawatan tanaman timun yang baru ditanam oleh pak Khairuddin. Selain melakukan pendampingan, juga bertukar pikiran dalam merawat tanaman timun dengan tujuan menghasilkan tanaman yang subur dan meningkatkan kualitas hasil panen nantinya.

"Kami melakukan penyuluhan cara perawatan holtikultura jenis tanaman timun berumur 14 hari. Kegiatan ini sebagai salah satu tugas pokok Babinsa sebagai bentuk ketahanan pangan di tengah masa pandemi Covid-19," tutur Kopda Zufrika Budianto.

Sementara itu, petani dan pemilik lahan, Khairuddin mengucapkan terima kasih kepada babinsa yang telah membantu melakukan perawatan pada tanaman timun miliknya.

"Mudah-mudahan dengan adanya pendampingan dari Kopda Zufrika Babinsa Koramil 28/Meurah Dua  yang sudah dikenal sebagai babinsa teladan inovatif di bidang pertanian tersebut, menjadikan motivasi untuk para petani mentimun lainnya untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam. Dengan harapan di masa panen nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan," tutupnya. (rls)
KOMENTAR