Belajar Sejarah, Pramuka Kwarcab Pidie Jaya Kunjungi Cagar Budaya Bireuen

author photoM. Sulaiman
19 Apr 2022 - 00:55 WIB

BIREUEN- Mengisi kekosongan waktu di sela-sela perlombaan Musabaqah Tunas Ramadhan (MTR) Ke XXI tahun 2022 kontingen Pramuka Kwartir Cabang Pidie Jaya memilih Pendopo Bupati Bireuen sebagai tempat yang dikunjunginya. Senin, 18 April 2022.


Cut Kak Azizah (54) selaku pimpinan Kontingen Pidie Jaya mengatakan, semasa kecilnya sewaktu menempuh pendidikan di jejang SMP ia pernah membaca sebuah buku sejarah yang menceritakan tentang Kabupaten Bireuen sebagai tempat pertahanan masa Belanda.

"Saya pernah membaca buku sejarah tersebut, dan itu rupanya sangat hebat, Bireuen yang berjuang untuk Indonesia tapi hari ini luput dari perhatian dan pembukuan sejarahnya". Ungkap Cut Kak Azizah.


Selain itu beliau juga berharap Cagar Budaya ini terus di lestarikan untuk bahan ajaran sejarah anak Aceh.


"Hal seperti ini harus terus di lestarikan supaya pemahaman sejarah selalu terjaga dan tidak pudar untuk anak cucu kita nantinya". harap Cut kak.


Ziaul Fahmi selaku pemandu melihat antusias anggota pramuka ini sangat besar untuk melihat dan mencari tau tentg sejarah dari Pendopo Bupati ini.


"Saya lihat adik adik Pramuka sangat aktif mengambil dokumentasi setiap bagian yang dianggap penting dari dalam pendopo ini"


"Bagi mereka ini adalah kesempatan yang sangat berharga dapat belajar langsung ketempat berlangsungnya sebuah sejarah besar bagi Indonesia". Ungkap Ziaul.

Selanjutnya. Khairul Ajra (17 tahun) salah seorang peserta dari kontingen Pidie Jaya pun berharap tempat ini selalu di jaga dengan baik.


"Saya berharap tempat berharga seperti ini selalu di jaga dengan baik karna ini titik berlangsungnya sejarah besar bagi Indonesia". tutup Ajra.(MS)
KOMENTAR