Pangdam Mayjen TNI A. Daniel Chardin Silaturahmi Ke Ulama Zawiyah Darussalam Binjai

author photoRedaksi
14 Mar 2022 - 16:57 WIB

BINJAI – Mengawali kunjungan kerjanya sebagai Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Sumatera Utara pada Jumat 11 Maret 2022, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, melakukan kunjungan ke Pusat Kajian Tariqah Muktabarah (Puskatam) Zawiyah Darussalam, Kelurahan Pujidadi, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai.

Ditengah kegiatan tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin menuturkan, kehadirannya di Puskatam Binjai dalam rangka silaturahmi, dan bertujuan untuk bisa tetap dekat dengan para Ulama, Kyai, Tokoh Agama dan Masyarakat setempat yang ada di Kota Binjai, tuturnya.

Jenderal lulusan terbaik seskoad dan murah senyum itu menyebutkan, peran Ulama merupakan sosok yang mempunyai kharismatik, bertujuan untuk menyiarkan agama Islam terhadap kehidupan masyarakat agar menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala yang dilarang Allah, serta sangat dipercaya dan menjadikan panutan oleh masyarakat.

Selain daripada itu, peran ulama untuk membangun peradaban Islam agar menjadikan kehidupan masyarakat yang Islami dan istiqomah dengan agamanya sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits Nabi Muhammad Saw dan berdampak pada perilaku kehidupan sosial masyarakatnya.

"Islam menempatkan ilmu dan ulama sebagai kedudukan mulia, karena para ulama sebagai penyejuk dan dapat mendinginkan suasana kepada masyarakat, selain itu, ulama sosok akhlakul karimah, artinya memiliki integritas dan pribadi yang kuat serta menjadi panutan masyarakat, oleh karena itu peran para Ulama sangat dibutuhkan," tutur Jenderal Bintang Dua lulusan Akmil 1990 yang dipercaya Panglima TNI menjabat Pangdam I/Bukit Barisan saat ini.

Diketahui, Mayjen TNI A. Daniel Chardin merupakan sosok Jenderal TNI yang dekat dengan para Ulama, Tokoh Agama dan masyarakat.

Selama berdinas di militer, Pangdam I/Bukit Barisan mengaku pernah bertugas di Kopassus dan Aceh, di provinsi yang disebut daerah serambi mekah itu, Mayjen A. Daniel Chardin sering dikunjungi dengan para Ulama Karismatik Aceh, dan sebaliknya berkunjung ke pesantren, begitu juga di daerah lainnya di tempat pernah Dia bertugas, termasuk saat ini di Sumatera Utara.

Kehadiran Pangdam I/Bukit Barisan beserta rombongan di Pusat Kajian Tariqah Muktabarah (Puskatam) Binjai, disambut para ulama, diantaranya Tuan Guru Abdul Ghofur, Buya Hasri Harahap, dan sejumlah tokoh agama lainnya yang hadir. kunjungannya Mayjen TNI A. Daniel Chardin dalam rangka silaturahmi dengan para ulama dan tokoh agama yang ada di Kecamatan Binjai Selatan.
KOMENTAR