Pemkab Bireuen Akan Kucurkan Anggaran 21 Milyar Ke Gandapura

author photoM. Sulaiman
9 Feb 2022 - 22:22 WIB

BIREUEN- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Gandapura berlangsung di Gedung Serba Guna Setempat, yang digunakan secara perdana sejak dibangun 2016 lalu,


Sebelumnya, Gedung Serba Guna Kecamatan Gandapura tersebut sempat terbangkalai, akhirnya Gedung serba guna sudah dapat dipakai untuk dimusyawarahkan tingkat Kecamatan. Rabu 9 Februari 2022.


Disampaikan dalam sambutan Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH. M.Si yang diwakili Asisten lll Setdakab Bireuen, Dailami, S. Hut. Musrenbang ini guna untuk dapat melahirkan berbagai usulan di tingkat gampong melalui kecamatan yang nantinya akan dinaikkan dalam Musrenbang Kabupaten pada Maret mendatang.


"Adapun berbagai usulan dari gampong dalam Pra Musrebang sebelumnya akan menjadi prioritas pada perangkingan Musrenbang Kabupaten nantinya," sebut Asisten lll Dailami.


Lanjutnya. Gandapura masih menjadi dominan anggaran terbanyak ketimbang kecamatan lainnya dalam anggaran infrastruktur sejak tahun 2021 dan 2022 ini.


"Tahun ini Gandapura masih dominan dalam serapan anggaran terbanyak, untuk infrastruktur dan lainnya. Juga beruntung memiliki 4 anggota DPRK. Kalau covid ini cepat berakhir, kita akan meningkatkan PAD, terus berupaya mencari celah meningkatkan pembangunan di Bireuen, kita punya dua perwakilan Dewan di Pusat, Anwar Idris dan Ruslan M Daud. Mari kita komunikasi dengan mereka selaku putra asli Kabupaten Bireuen dan wakil kita di senayan, selama ini banyak program Pusat di bawa ke Bireuen, termasuk jalan dua jalur, rumah rehab, dan infrastruktur lainnya," ungkap Dailami.
Menanggapi beberapa pertanyaan dari Keuchiek dan Tokoh Masyarakat terkait kelanjutan infrastruktur di Gandapura, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bireuen 
Fadhli Amir, mengatakan hal yang sama, dalam dua tahun terakhir ini kecamatan Gandapura sangat dominan dalam penganggaran dalam bidang infrastruktur.


"Kecamatan Gandapura sejak dua tahun terakhir ini dominan dalam penganggaran APBK, tahun 2021 sebanyak 20 Milyar dan tahun 2022 ini sebesar 21 Milyar. Intinya hampir semua usulan dalam Musrenbang kecamatan yang diangkat ke Musrenbang Kabupaten tercover," terang Fadli Amir.


Terkait permasalahan pasar, Kepala Disperindagkop Bireuen Ali Basyah, menanggapi, bahwa beberapa faktor. Kalau kita lihat Gandapura dulu sangat jauh berubah. Dimana ini kerja sama Pemkab Bireuen dengan kecamatan.


"Sejak masa Bupati H Ruslan M Daud dulu, kami turun ke lokasi dan membenahi dan relokasi pedagang dan rehabiltasi pertokoan termasuk taman kota pasar Geurugok, sehingga kawasan Sate Apaleh sudah nampak dan dikenal luas sampai keluar daerah dan pusat pasar di ibukota Gandapura sudah nampak bersih, indah, rapi serta ramai," ungkap Ali Basyah.


Selanjutnya perlu kerja sama juga, untuk pembangunan kios kios kecil. Tahun ini ada pembangunan pasar ikan atau pasar rakyat dengan dana APBN sebesar 6 Milyar. Ini juga berkat dukungan dari anggota DPRK setempat," tambah Kadisperindagkopbl itu.


Terkait sampah, Sekdis LHK Azhari
Program LHK, programnya, pengadaan dua unit Truk pengangkut sampah, 20 gerobak sampah dan pelatihan bagi Kader LHK.


"Bukan hanya dikecamatan, dikabupaten pun sedikit rumit dalam pengelolaan sampah. Saran, dibuat tempat penumpukan sampah dari rumah rumah warga diangkut ke tempat sampah," katanya.
Usai Musrenbang, Camat Gandapura Azmi, S.Ag, kepada TheAtjehNet.menyebutkan, tahun 2022 ini sebanyak 21 Milyar anggaran akan dikucurkan Pemkab Bireuen ke Gandapura, diantaranya pembangunan jalan, sarpras dayah, dan lainnya.


"Sebanyak 21 Milyar dana akan mengucur ke Gandapura tahun ini, diantaranya jalan dari Cot Teube tembus ke Cot Kruet Kecamatan Makmur, peningkatan jalan Samuti-Blang Rheu dan Lhok Mambang, jalan dari Pante Sikumbong- Blangguron dan sejumlah ruas jalan lainnya. Sedangkan jalan rusak berat di Simpang 4 samping masjid, nanti prioritas tahun 2022," ungkap Camat Azmi.


"Selain itu pembangunan sarana prasarana dayah, di Dayah Daruss'akdah Cot Puuk, Dayah Syamsul Maarif Tanjong Bungong, Dayah di Teupin siron dan disejumlah dayah atau Balai Pengajian lanjutan pembangunan waduk dan saluran irigasi lainnya di sejumlah lokasi di Gandapura," papar mantan Camat Kecamatan Makmur yang baru 5 hari menjabat di Kecamatan Gandapura.[MS]
KOMENTAR