FAKSI Dorong Pemerintah, Pengusaha Asuransikan Nelayan Aceh Timur

author photoM. Sulaiman
5 Feb 2022 - 12:13 WIB

ACEH TIMUR- Kordinator Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh, Ronny hariyanto Mendorong Pemerintah, Pengusaha bot di Aceh Timur untuk dapat membekali seluruh Nelayan dengan Jaminan Asuransi Jiwa dan Sosial, Jaminan Sosial bagi nelayan dan Keluarganya sangat penting.


" Kita berharap pemerintah dan pengusaha di Aceh Timur untuk dapat segera mengasuransikan nelayan, baik itu asuransi jiwa maupun bentuk lainnya, mengingat aktivitas mereka sangat beresiko dan sebagainya," sebut Ronny, Sabtu 5 Februari 2022 dalam siaran Pers.


Ronny mendesak pemerintah agar bersikap tegas mengingatkan para pengusaha di bidang perikanan dan kelautan di Aceh Timur, memperhatikan kesejahteraan para pekerja beserta keluarganya.


" Kita minta pemerintah menegaskan kepada pengusaha maupun toke bot, agar memperhatikan nasib kesejah teraan pekerjanya beserta keluarga mereka, supaya dapat diwajibkan dalam Asuransi Jiwa sebagai jaminan sosial," Ungkap Putra Di Rayek Berdarah Aceh Minang itu.


Menurut Ronny, nelayan merupakan pahlawan ekonomi bagi Masyarakat di Aceh Timur, yang perlu diperhatikan secara khusus, keselamatan dan kesejahteraannya sangat penting bagi mereka.


" Ya faktanya, kalau nelayan melaut, maka perekonomian daerah pun bergerak, pasar bergairah, dikarenakan beredarnya uang di pasar maupun ditengah-tengah Masyarakat, artinya itu sangat mendukung kehidupan lainnya, sudah sepatutnya nasib nelayan dan keluarganya di perhatikan dan diprioritas, bukan malah termarjinalkan dan kandas ditengah ombak laut," cetus pengkritik yang dikenal concern dengan isu kemiskinan, pengangguran, demokrasi dan hak asasi manusia tersebut.


Dia menilai kehidupan nelayan selama ini belum terperhatikan dengan baik sebagaimana mestinya, apalagi nasib pendidikan dan kesejahteraan anak - anak nelayan yang mungkin tidak sepenuhnya terpantau dengan baik.


" Meski mereka pahlawan ekonomi bagi daerah, tapi sepertinya nasib mereka dan anak-anaknya belum tentu terupdate dengan baik, sehingga masih jauh dari kata adil dan makmur," urai Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Provinsi Aceh tersebut.


Ronny juga mendesak pemerintah dan pihak terkait lainnya lebih serius untuk menggenjot sektor perikanan dan kelautan, terutama berbagai fasilitas yang dibutuhkan dan bertujuan untuk kesejahteraan nelayan dan masyarakat luas.


" Selain asuransi, mungkin banyak fasilitas lainnya yang sangat dibutuhkan nelayan atau pengusaha bot secara umum, tapi mungkin belum terpenuhi, sebaiknya pemerintah serius menangani maupun memperhatikannya, termasuk mengatasi hal-hal yang dapat menghambat aktifitas usaha mereka,"


" Kita berharap kedepannya nelayan di Aceh Timur, bisa lebih sejahtera dan bisa bekerja dengan cara lebih canggih dan modern," Harap Alumni Universitas Ekasakti itu.(Red)
KOMENTAR