BKPRMI Minta Dukungan DPRK Untul Pergeleran FASI Di Aceh Timur

author photoHasan Basri
10 Feb 2022 - 23:54 WIB

Theatjeh.Net, Aceh Timur  -- Rencana DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Aceh Timur, menggelar event Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) mendapat dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK).

Bahkan pimpinan DPRK Aceh Timur berharap BKPRMI segera mengusulkan penganggaran FASI melalui Dinas Syariat Islam (DSI), sehingga bisa didukung melalui dana APBK-Perubahan Tahun 2022.

"Rencana FASI rencana akan kita laksanakan September mendatang. Namun untuk penganggaran perlu dukungan eksekutif dan legislatif," kata Sekretaris Umum DPD BKPRMI Aceh Timur, Muhammad Ishak atau Cek Mad, dalam Kunjungan Silaturrahmi dan Audiensi FASI dengan Pimpinan DPRK Aceh Timur di Idi, Kamis (10/2/2022).

Pihaknya berharap dukungan legislatif seiring dengan program kerja BKPRMI Aceh Timur Periode 2020-2024. "LMD-1 sudah kita laksanakan, bahkan hari ini memiliki lebih 40 kader yang telah lulus LMD Level 1 ini. Artinya, dengan adanya kader maka kita bisa bergerak bersama pengurus yang lain menjadi agen kebaikan dalam mengajak pemuda/i ke masjid sekaligus menjadi kader BKPRMI," urai Cek Mad.

Jebolah Pascasarjana IAIN Medan itu enganggap, tugas mulia di tubuh BKPRMI perlu dukungan semua pihak, baik eksekutif maupun legislatif. Begitu juga dengan berbagai perusahaan dan perbankan yang beroperasi di daerah itu. 

"Selain mengajak pemuda ke masjid, kita menilai agenda FASI itu bertujuan untuk mencetak kader-kader MTQ Aceh Timur, yang lebih siap tampil ke depan, baik cabang tahfiz, tilawah, kaligrafi, syarhil quran dan fahmil quran dan cabang-cabang lain yang diperlombakan" timpa Cek Mad.

Oleh karenanya, even FASI perlu dilaksanakan sebagai ajang menyeleksi bakat-bakat insan qurani. "Bahkan dalam setiap pelantikan kepengurusan di tingkat kecamatan kita terus mengimbau agar DPK BKPRMI kecamatan melakukan pembinaan TPA dan TPQ, sehingga saat dilakukan seleksi akan lebih terarah," kata alumni LMD-1 Zona Sumatera itu.

Ketua DPRK Aceh Timur Fattah Fikri, dalam kesempatan itu mengaku sangat mendukung event FASI. Bahkan dia meminta pengurus segera membangun komunikasi dengan dinas terkait yakni DSI, sehingga even untuk anak usia dibawah 12 tahun ini dapat dilaksanakan di tahun ini.

Tetapi, lanjut politisi PA itu, pihaknya berharap adanya dukungan dari eksekutif dalam penganggaran di APBK-P. "Kita dukung kegiatan FASI ini di Aceh Timur, apalagi event ini menjadi motivasi santri TPA/TPQ dalam menuntut ilmu pengetahuan agama," kata mantan Ketua Komisi A itu.

Kedatangan pengurus DPD BKPRMI Aceh Timur sangat diapresiasi, karena sebagai wakil rakyat tentu dirinya butuh masukan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang handal, terutama sektor pendidikan dan keagamaan. 

"Jadi kita sangat mendukung upaya BKPRMI dalam mengajak pemuda/i memakmurkan masjid, apalagi saat ini BKPRMI sedang melakukan pembinaan TPA/TPQ di Aceh Timur," kata Fattah Fikri.

Keaktifan DPD BKPRMI Aceh Timur selama ini sangat didukung. Bahkan tanpa anggaran rutin, BKPRMI terus bergerak melaksanakan berbagai kegiatan, seperti Rakerda, Bakti Sosial (Baksos), Pelatihan Pemuda dan Remaja Masjid, dan jiga sigap dalam menyikapi bencana banjir dengan membuka donasi hingga menyalurkannya ke warga yang terdampak banjir.

"Kami harap dalam ramadhan mendatang, BKPRMI bisa melaksanakan kegiatan lain, seperti Safari Ramadhan, BKPRMI masuk sekolah dengan mensosialisasi ke-BKPRMI-an dan kegiatan lain," ujar Fattah Fikri.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua II Tgk Ridwan, Wakil Sekretaris III, Yanwar Fakri dan Agus Khadafy selaku Wakil Sekretaris VI. Tampak hadir, Dirda LPPTKA Marlina, dan sejumlah pengurus lain seperti Tgk A Salam, Tgk Syuid AR, S.Pd, M.Pd, Tgk Sukriadi atb lebih dikenal Gambit (Brigade), dan Nurul Wahidatullah, serta sejumlah pengurus lain. ()


KOMENTAR