Babinsa Lakukan Dampingan Peternak Kambing Di Wilayah Binaan

author photoM. Sulaiman
4 Feb 2022 - 15:24 WIB

BIREUEN- Meningkatkan potensi wilayah Desa binaan, Babinsa Koramil 08/Gandapura Kodim 0111/Bireuen Kopda Munawarah melakukan pendampingan kepada peternak kambing milik Thalib 45 tahun warga Gampong Ceubo Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Jum'at (04/02/ 2022).


Pemeliharaan Kambing merupakan suatu potensi yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat dalam menambah penghasilan. Karena hewan ternak kambing memiliki banyak keuntungan, dengan menggunakan pola dan program pemeliharaan yang baik maka bisa memberikan keuntungan untuk meningkatkan kesejahteraan. terlebih pada hari besar Islam Idul Adha, biasanya harga kambing akan meningkat dan memiliki harga jual yang sangat tinggi.


Pakan utama kambing adalah dedaunan hijau atau rumput, dan untuk menambah laju pertumbuhan dan penggemukan perlu pakan tambahan yang berupa konsentrat. Sehingga Kopda Munawarah dalam pendampingan mengimbau kepada peternak kambing di wilayah Desa binaannya salah satu milik Thalib agar memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami rumput sehingga kebutuhan pakan untuk ternak kambing dapat tercukupi.


Selain itu Kopda Munawarah menambahkan," Untuk mendukung pertumbuhan kambing yang baik, maka harus melakukan perawatan kandang tempat kambing dipelihara dengan baik, seperti membersihkan kotoran dan sisa makanannya. Minimal 2 kali seminggu dan sesekali kambing di keluarkan," ucap Kopda Munawarah.
Pendampingan yang diberikan oleh Babinsa ini merupakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparat kewilayahan dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat.


Ucapan terimakasih disampaikan Thalib kepada Babinsa Kopda Munawarah yang selalu hadir dalam memberikan motivasi dan semangat bagi mereka para peternak kambing.[MS]
KOMENTAR