Team GTA Gayo Lues Berhasil Terobos Jalan Lesten- Pulo Tige

author photoKamsah
21 Des 2021 - 14:59 WIB

BLANGKEJEREN - 20 Raider yang tergabung dalam team GTA Gayo Lues akhirnya berhasil menerobos jalur jalan belantara hutan yang menghubungkan antara Gayo Lues Lesten- Pulo Tige Aceh Tamiang.

Salah satu team GTA, Iskandar dan Said Idris Wintareza saat dikonfirmasi mengungkapkan, awalnya team raider yang akan melakukan ekspedisi ada 20 orang yang akan menaklukkan jalan tersebut, namun dalam perjalanannya dua orang team akhirnya harus mundur.

"Salah satunya Bapak Bupati Gayo Lues, karena memiliki kegiatan penting lain, akhirnya beliau harus pulang ke Kota Blangkejeren, " Ungkapnya Selasa, (21/12/2021).

Ia menerangkan, kegiatan ekspedisi ini dilakukan selama tiga hari dua malam, dari Hari Jum'at 17 Desember 2021 - Minggu 19 Desember 2022. 

Tim raider yang berjumlah 18 orang memulai start dari Kampung Lesten dan langsung dipimpin oleh Kapolres Gayo Lues, menggantikan Bupati Gayo Lues.

"Sebelum masuk ke Medan terjal, kita terlebih dahulu menyeberangi sungai dengan perahu dari arah Lesten," Ujarnya.

Ia mengatakan, setelah sampai tepi sungai, barulah team raider memulai menaklukkan jalan yang sangat ekstrim, harus melewati hutan belantara, jalan berlumpur, tanjakan dan turunan batu cadas yang membuat para team harus ekstra hati-hati dalam menerobosnya.

"Kita langsung disambut dengan tanjakan Bukit Berkeng, ditanjakan ini ada team yang "berguguran" karena tidak sanggup melawan medan yang sangat terjal, namun dengan kekompakan team akhirnya tanjakan pertama ini bisa ditaklukkan oleh 18 team," ungkapnya.

Ia menerangkan, dengan suasana hutan yang  curam diringi hujan lebat yang ada hanya jalan setapak yang telah dibuat team survei dan hanya membuat jembatan seadanya disetiap lubang jalan. Para raider harus beberapa kali berhenti untuk menjaga stamina.

"Hari pertama kita hanya melakukan ekspedisi sampai siang hari di jembatan Naggroe perbatasan Gayo Lues-Aceh Tamiang dan turunan Putri Duyung, setelah itu melanjutkan perjalanan sampai ke Arul Denung dan menginap di sini karena tidak memungkinkan untuk dilanjutkan," katanya.

Said mengatakan, keesokan harinya sekira Pukul 07:00 team kembali melanjutkan penaklukannya, dan sampai sekira pukul 12:20 team utama berhasil menembus jalan Lesten-Aceh Tamiang yaitu, Kapolres Gayo Lues, Ketua GTA Gayo Lues Syukri Kasim, ketua gang ijo Iskandar, dan Wakil Ketua GTA.

Sementara tema kedua berjumlah 14 orang berhasil menerobos jalan hutan belantara sekira pukul 20:00 Wib.

"Tujuan daripada ekspedisi ini untuk menerobos keterisoliran Kampung Lesten, dengan adanya penerobos jalan ini, para pihak terkait ada upaya untuk melakukan perbaikan akses jalan penghubung antara Kabupaten Gayo Lues Lesten- Pulo Tige Aceh Tamiang sehingga dengan adanya jalan yang layak mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dikedua Kabupaten," tutupnya.(kamsah Galus)
KOMENTAR