Bupati Gayo Lues raih Penghargaan Green Leadership Tahun 2020

author photoKamsah
26 Nov 2021 - 09:07 WIB

BLANGKEJEREN - Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru mendapat Piagam Perhargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas partisipasi Daerah dalam penyusunan Dokumen Informasi Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Tahun 2020.

Nirwasita Tantra/ Green Leadership merupakan penghargaan dari kementerian lingkungan Hidup dan kehutan  kepada kepala daerah di tingkat Provinsi, kabupaten/kota atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan, respon kebijakan kepala daerah dalam menjawab persoalan lingkungan hidup serta inovasi dan kepemimpinan kepala daerah dalam merespon persoalan lingkungan hidup. 

Melalui Niwasita Tantra/Green Leadership ini diharapkan dapat mendorong, mendukung kebijakan dan langkah aksi dalam mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat bagi seluruh warga Indonesia.

Dasar pemberian penghargaan Nirwasita Tantra ini dinilai dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun setiap tahun oleh Provinsi, Kabupaten/ Kota.

 DIKPLHD disusun oleh Tim yang dibentuk oleh Kepala Daerah, Tim tersebut harus dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Daerah.

Pada tahun 2020 Dinas Lingkungan Hidup melalui Bidang Penataan dan Pentaatan PPLH melaksanakan penyusunan DIKPLHD dengan melibatkan Stakeholder terkait, sebagai upaya publikasi dalam rangka implementasi misi Bupati Gayo Lues sebagai komitmen terhadap Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. 

Penghargaan Nirwasita Tantra/ Green Leadership juga diberikan kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Provinsi dan kabupaten/kota yang mempunyai komitmen dalam menjaga lingkungan hidup lewat penyusunan Perda Masyarakat Adat, pengelolaan sampah, Tanah Objek Reforma Agraria (TORA). 

Untuk itu dalam penyusunan DIKPLHD selanjutnya sangat dibutuhkan dukungan Pimpinan DPRK agar terwujud nya kolaborasi yang baik dalam mewujudkan Perlindungan dan Pengelolaan  Lingkungan Hidup di Kabupaten Gayo Lues. 

Target kedepan melalui penyusunan DIKPLHD tahun 2022  diharapkan Pimpinan eksekutif dan legislatif mendapatkan Trophy NIRWASITA TANTRA secara bersamaan sebagai wujud nyata terjalin nya kolaborasi yang baik antara Legislatif dan eksekutif dalam pengambilan kebijakan terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Gayo Lues.     (Kamsah galus)
KOMENTAR