di Dampingi HRD Panglima Santri Menyapa Ke Dayah Mudi Masjid Raya Samalanga

author photoM. Sulaiman
27 Okt 2021 - 23:27 WIB

BIREUEN- Dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Aceh Kabupaten Bireuen. Wakil Ketua DPR-RI, H. Abdul Muhaimin Iskandar, yang di dampingi Anggota Komisi VI DPR-RI Fraksi PKB, H. Ruslan M Daud (HRD), bertujuan untuk memperingati hari santri Nasional tahun 2021, penyerahan SK disertakan dengan Pelantikan DPC PKB se-Provinsi Aceh Selasa 26 Oktober 2021.


Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Abdul Muhaimin Iskandar tiba di Kabupaten Bireuen bersama rombongan sejumlah Anggota DPR-RI PKB dari Jakarta, transit di Bandara Malikussaleh Aceh Utara, disambut H Ruslan M Daud (HRD) Anggota Komisi VI DPR RI Dapil II Aceh, Ketua PKB Bireuen H. Darkasyi dan Ketua Gerbang Tani Aceh Faisal.


Kunjungan "Panglima Santri" Bersama rombongan para politikus PKB itu berkesempatan singgah di Kantor DPC PKB Bireuen untuk ditepung tawari (peusijuek) oleh Abu Kuta Krueng dan dilanjutkan makan siang bersama pengurus DPC PKB Bireuen serta sejumlah tamu undangan lainnya.


Ketum DPP PKB yang sering disebut Cak Imin, selanjutnya bertolak ke Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga yang disambut Tgk Hasanol Bashry atau Abu Mudi, Waled Nu dan Tu Sop, ratusan santri, untuk meninjau pelaksanan vaksin massal yang difasilitasi oleh Polres Bireuen dan Polda Aceh.


Pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya Gus Muhaimin menyebutkan, terimakasih atas sambutan oleh para Abu, Alim Ulama Kharismatik Aceh di Bireuen, juga kepada H Ruslan M Daud, anggota Komisi DPR RI asal Kabupaten Bireuen.


Dikatannya, kunjungannya ke Aceh dalam rangka memperingati hari Santri Nasional dan serangkaian kegiatan partai untuk melantik pengurus DPC PKB se-.Provinsi Aceh yang dijadwalkan besok pada Rabu 27 Oktober 2021 di Kota Sabang.


"Selama masa pandemi, dayah tetap berjalan efektif bila dibandingkan dengan sekolah formal jam belajar tata muka sudah berkurang, sedangkan para santri dayah bisa belajar penuh. Ini karena eksistensi dayah sangat baik," ujar Muhaimin.


Abang kandung Menteri Desa PDTT itu, menyatakan pihaknya akan terus berupaya memanfaatkan APBN dan APBD untuk membangun fasilitas dayah, juga meningkatkan kesejahteraan para guru pengajar, yang dinilai masih sangat sedikit.


"Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pendapatan negara dalam APBN, APBD untuk membangun fasilitas fasilitas dayah agar lebih baik lagi, kesejahteraan para pengajar atau para guru yang penghasilannya masih rendah sekali dan perlu ditingkatkan," Tegas Ketum PKB.


Disamping itu Tommy Kurniawan, yang merupakan aktor, model dan kini menjadi politikus Indonesia,  anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB yang ikut bersama rombongan Cak Imin, singgah di Dayah Nurul Aiman Samalanga pimpinan Waled Nuruzzahri (Waled Nu) dan di Dayah Babussalam Al-Azziyah Jeunieb pimpinan Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab (Tusop).


Wakil Ketua DPR-RI dan rombongan, melalui Bandara Malikussaleh menuju Banda Aceh untuk istirahat karena akan melanjutkan perjalanan ke kilometer Nol Sabang dalam serangkaian kegiatan, penyerahan SK DPC PKB se- Provinsi Aceh, Pelantikan DPW Gerbang Tani Aceh, pelantikan DKW dan DKC Garda Bangsa se- Aceh dan konser kebangsaan,


Pada kunjungan ke Dayah Mudi Masjid Raya Samalanga, Ketum PKB yang di damping HRD, turut menyerahkan bantuan beras, diterima Pimpinan Dayah Mudi Masjid Raya Samalanga. Abu Mudi (Waled Nu).(MS)
KOMENTAR