Cabdisdik dan STKIP Muhammadiyah Jalin Kerja Sama Perkuat Mutu Pendidikan di Abdya

author photoRedaksi
2 Sep 2021 - 09:54 WIB

ABDYA - Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kabupaten Aceh Barat Daya Abdya (Abdya) dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Nota kesepahaman itu ditantangani langsung oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Abdya, Afdhal Jihad, S.Ag., M.Pd dan Kacabdisdik Wilayah Abdya, Jufri, S.Ag., MM. Penandatangan tersebut berlangsung di Kantor Cabdisdik Abdya, Rabu (01/09/2021).

Kepala Cabdisdik wilayah Abdya, Jufri menerangkan, ruang lingkup kegiatan kerja sama yang disepakati oleh para pihak tersebut, pada intinya untuk melaksanakan segala bentuk kegiatan dalam ranah peningkatan mutu pendidikan.

Namun, tambahnya, hal yang lebih khususnya adalah tentang pelaksanaan kegiatan penelitian di bidang ilmu pengetahuan, termasuk kegiatan publikasi karya ilmiah hasil penelitian. Kemudian kegiatan pengabdian pada masyarakat, serta bentuk kegiatan lainnya berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dan kerja sama akademik.

"Kita sepakat tentang jangka waktu nota kesepahaman ini yaitu lima tahun, mulai berlaku sejak ditandatanganinya nota kesepahaman ini, dan pada waktunya dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan para pihak," ujarnya.

Jufri menambahkan, berkenaan dengan hal-hal teknis dan perincian lebih lanjut dari pelaksanaan nota kesepahaman tersebut, para pihak sepakat untuk menuangkannya dalam suatu perjanjian kerja sama yang disusun secara tersendiri untuk setiap bidang kerja sama yang akan dilakasanakan atau ditindaklanjuti oleh berbagai unit di lingkungan institusi pihak pertama dan pihak kedua.

Sementara itu, Ketua STKIP Muhammadiyah Abdya, Afdhal Jihad mengatakan, maksud dari nota kesepahaman tersebut adalah untuk menjalin ikatan kerja sama tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Abdya, yang pelaksanaannya berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Tujuan dari nota kesepahaman ini untuk menjadi pedoman dan referensi dasar dalam pelaksanaan kerja sama oleh para pihak dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh para pihak untuk saling membantu dalam penyelenggaraan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," papar Afdal.

Sebelum penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan, kata Jufri, STKIP Muhammadiyah dan Kantor Dinas Cabang Pendidikan Wilayah Abdya juga sudah sering melakukan kegiatan berupa seminar, lokakarya, perumusan visi misi, KKNI dan MBKM.

"Semoga dengan adanya nota kesepahaman ini, hubungan antara Cabdisdik dengan STKIP Muhammadiyah semakin erat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Abdya kearah yang lebih baik," pungkas Jufri. []
KOMENTAR