Tiga Desa Diberi Penghargaan, Bupati Muzakkar A Gani Serahkan Juara Pertama Bagi Pemenang KIG

author photoM. Sulaiman
28 Jul 2021 - 15:22 WIB

BIREUEN- Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A, Gani menyerahkan Penghargaan berupa piala dan uang pembinaan kepada Keuchik Matanglum pangdua Meunasah Timu, Edinur Abdul Gani, SH selaku Pemenang Pertama sebagai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)/Kelompok Informasi Gampong (KIG) kategori Gampong Digital Terbaik.


Adapun Penghargaan itu diberikan kepada Gampong Matangglumpangdua Meunasah Timu (Kecamatan Peusangan) sebagai juara pertama, Gampong Matangglumpangdua Meunasah Dayah (Kecamatan Peusangan) sebagai juara kedua dan Gampong Keude Peulimbang (Kecamatan Peulimbang) sebagai juara ketiga.


Pemkab Bireuen melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian setempat, memberikan penghargaan kepada pemenang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)/Kelompok Informasi Gampong (KIG) kategori Gampong Digital Terbaik, sedangkan Pemenang pertama diserahkan langsung Oleh Bupati Bireuen. Dr. H Muzakkar A. Gani., SH. M. Si


Acera Penyerahan penghargaan dilaksanakan di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, seusai upacara bendera, Senin (26/7/2021) pagi. Pada acara tersebut, turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf, B.HSc., MA.


Sementara itu dalam arahan Bupati Bireuen. Dr. H. Muzakkar A. Gani mengatakan, penetapan juara KIG Kategori Gampong Digital Terbaik ini, berdasarkan hasil penilaian dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh.


Dijelaskannya, KIG merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya.


"KIG diarahkan dalam upaya penggunaan teknologi informasi, untuk mengakses informasi infrastruktur teknologi dan komunikasi," kata Bupati Muzakkar.


"Lanjutnya Pembinaan KIG ini, dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Bireuen, untuk memberdaya kan KIG sebagai upaya memberikan penguatan, agar KIG bisa melakukan aktifitas sesuai dengan fungsi umum KIG dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat (kontekstual).


Menurut Muzakkar, KIG dibentuk untuk menggali potensi yang ada di gampong, seperti produk andalan gampong, produk wisata, serta publikasi kegiatan gampong dan serangkaian aktifitas yang tercover pada sebuah media sosial sebagai lahan publikasi kegiatan gampong.


Untuk Kedepannya, dengan keberadaan KIG sebagai lembaga layanan informasi publik, diharapkan lebih inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi, dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.


"KIG juga menjadi agen informasi pemerintah, baik pemerintah daerah maupun gampong, dalam menyebarkan informasi yang benar dan tepat sasaran kepada warga masyarakat," harap Bupati Muzakkar.


Peran KIG juga sangat strategis dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat dan antara pemerintah dengan masyarakat. Sehingga, dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi, untuk meningkatkan literasi digital informasi dan mengatasi kesenjangan informasi di masyarakat.


Saat ini, menurut Bupati Muzakkar, di Kabupaten Bireuen telah terbentuk sebanyak 326 KIG yang tersebar di 17 kecamatan. Ke depannya, diharapkan KIG ini bisa semakin lebih mampu mengelola informasi-informasi yang benar dan kredibel. Sehingga, masyarakat semakin merasakan keberadaan KIG sebagai media informasi terpercaya bagi masyarakat Kabupaten Bireuen.


"Selamat kepada Kelompok Informasi Gampong yang telah berhasil sebagai juara, dengan predikat terbaik pada kegiatan penilaian Website Gampong.id tahun ini. Kami harapkan ke depannya semua gampong dapat aktif menjalankan aktifitas Kelompok Informasi Gampongnya melalui Website Gampong.id,"Terang Bupati Muzakkar A Gani.


Dilanjutkan penyerahan penghargaan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf, B.HSc., MA, menyerah kan piala dan uang pembinaan kepada juara dua yang diterima Keuchik Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Rifian Nurdin.


Sedangkan piala dan uang pembinaan untuk juara tiga, diserahkan Sekda Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si, kepada Keuchik. Hamzah, Gampong Keude Peulimbang Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen.(MS)
KOMENTAR