Imem Mukim Senubung Jaya di Lantik, ini kata camat

BLANGKEJEREN - Camat Kecamatan Blangpegayon, Wahidin Porang,  mengharapkan agar imem mukim berada di garda terdepan dalam upaya penegakan syariat Islam dan adat istiadat di wilayah mukim masing-masing.

Hal itu disampaikan Wahidin Porang pada acara pelantikan, Jema,at  sebagai Imem Mukim Senubung Jaya  periode 2021-2026, di Aula Kantor Camat Blangpegayon, jumat (11/06/2021). Prosesi pelantikan dipimpin oleh Camat Blangpegayon 

Menurut Camat Blangpegayon, imem mukim memiliki peran penting dalam penegakan syariat Islam dan adat istiadat. "Imem mukim harus mengawal itu dan berada di garda terdepan untuk mengayomi Kampong-Kampong dalam wilayahnya yang membawahi 6 Kampung,  sehingga masyarakat tidak lupa dengan warisan budaya endatunya."

Ia pun berharap imem mukim berperan aktif dalam mewujudkan visi_misi Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues, yakni Islami, Mandiri dan Sejahtera   dalam Bingkai Syariah dengan tiga pilar utamanya yakni pembangunan di bidang agama, ekonomi, dan pendidikan. "Tiga pilar tersebut berkaitan erat dengan tugas imem mukim," sebutnya.

Pada kesempatan itu, camat  juga mengajak imem mukim untuk mensosialisasikan dan mengedukasi  seruan bersama Forkopimda dan Forkopimcam tentang pentingnya vaksinasi Covid_19,  Aparatur Kampung dan Warga Blangpegayon khususnya

"Tolong juga melalui khatib Shalat Jumat di kampong-kampong untuk menyampaikan pesan kepada orangtua untuk mengikuti  Vaksin Covid_19, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama

Wahid, mengingatkan  selaku Imem Mukim Senubung Jaya, pak Mukim pentingnya mengajak seluruh masyarakat untuk menghidupkan kembali adat istiadat dan kearifan lokal yang sudah ada sejak zaman kesultanan dahulu. "Syiar Islam dan adat istiadat di setiap kampong harus kita gemakan kembali. Matee aneuk meupat jeurat, gadoh adat pat tamita; itu kata-kata sultan kita dulu," katanya seraya mengharap seluruh dukungan Forkopimcam dan masyarakat untuk membangkitkan kejayaan warisan endatu.

Di tempat yang sama, Camat Blangpegayon menandatangani Pakta Integritas  juga menyerahkan SK kepada Mukim Senubung Jaya.

Di antara tamu undangan terlihat hadir Danposramil, Danpospol, Kepala KUA Blangpegayon dan Sekcam juga beberapa Pengulu,  Ibu_Ibu Kader kampung dan kasi,serta staf Kantor Camat unsur Muspika Kecamatan Blangpegayon dan para Pengulu  se-Blangpegayon.   (Kamsah galus  )
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru